Beranda Berita Utama PT CHS Dinilai Mati Suri

PT CHS Dinilai Mati Suri

46
0

RKa ONLINE, KELAM TENGAH – PT. Citra Sawit Hijau Subur (CHS) yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit di wilayah Padang Guci dianggap warga sudah mati, karena tidak lagi melakukan aktivitas. Untuk itu warga menyarankan supaya ditutup saja.

Salah seorang warga sekaligus Pemerhati Perkebunan Marsidiswan mengatakan ia sering memantau kegiatan perkebunan sawit ke Kabupaten Kaur. Ia menganggap PT. CHS lebih baik dicabut izinnya oleh Bupati Kaur dan lahan yang sudah diserahkan ke perusahaan untuk dikembalikan ke masyarakat. Sehingga lahannya lebih bermanfaat dan tidak terbengkalai.

“Menurut data yang ada PT. CHS sudah berdiri selama 6 tahun, artinya sudah sewajarnya memiliki penghasilan tetap dari buah sawit,” katanya.

Tetapi lanjut Marsidiswan dari laporan warga yang menyerahkan lahan sampai tahun 2021 ini menginjak ke 7 tahun berjalan belum ada bukti dari janji perusahaan akan memberikan penghasilan dari lahan yang diplasmakan.

“Pernah ada warga Tinggi Ari bertanya bagaimana kalau warga mengambil kembali lahan yang sudah diserahkan tetapi belum tergarap sampai saat ini. Tergantung dengan Momerandum Of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh pemilik lahan dengan pihak perusahaan. Jika tidak sesuai dengan kesepakatan artinya perusahaan sudah dianggap menipu warga,” jelasnya.





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here