Beranda Lintas Kecamatan PSU Durian Besar dan Suka Merindu, 24 Pemilih Jemput Bola, Diamankan Padal...

PSU Durian Besar dan Suka Merindu, 24 Pemilih Jemput Bola, Diamankan Padal Gabungan

59
0
HERY/RKa
PSU: Proses penghitungan suara dalam PSU di Desa Durian Besar Kecamatan Luas, Sabtu (3/4). Terlihat dua kandidat PSU di Desa Suka Merindu Kecamatan Semidang Gumay berfoto bersama.

LUAS – Dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkades, Sabtu (3/4). Di Desa Durian Besar Kecamatan Luas ada 15 orang Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang melakukan pencoblosan di luar Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain dikarenakan sakit, faktor lanjut usia membuat mereka tak bisa datang TPS. Karenanya, panitia didampingi saksi Calon Kepala Desa (Cakades), juga unsur Tripika melakukan jemput bola.

Hal ini juga terjadi dalam PSU di Desa Suka Merindu Kecamatan Semidang Gumay. Ada 9 orang DPT yang tak dapat datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya.

PSU di Desa Durian Besar dimenangkan oleh kandidat nomor urut 1, Kisminirwan yang unggul 19 suara dari cakades nomor urut 2, Sirat Judin. Total suara sah berjumlah 229 suara, sedangkan yang batal, lantaran kedua kandidat dicoblos ada 2 suara. Dengan total DPT yang terdaftar berjumlah 239 orang, disiapkam 267 kertas suara.

“Ada 15 pemilih melakukan pemilihan di rumah. Alasanya karena sakit dan lanjut usia. Saksi Cakades juga diajak. Insya Allah telah melalui persetujuan,” ujar ketua Panitia Pilkades Desa Durian Besar, Darwin, A.Ma.Pd pada RKa.

Proses pungut hitung mendapat kawalan ketat Pasukan Pengendali (Padal) yang berangotakan gabungan TNI dan Polri. Mereka yakni Iptu Joko Susanto, SH, Ipda Ridho Pajri, Aiptu Lauretius, Aipda Budiman S, Aipda Widianto, Bripka Riko Jaya, Briptu Yovi, Briptu Ceasar, Serda Tatang, Koptu Ujang, dan Kopda Karim.

Terpisah, PSU di Desa Suka Merindu Kecamatan Semidang Gumay berhasil dimenangkan oleh kandidat nomor urut 2, Badrul Jamali dengan perolehan 157 suara. Ia unggul 22 suara dibanding pesaingnya, A Karim yang berhasil meraup 135 suara. Surat suara sah berjumlah 292 suara, sedang untuk yang batal 3 suara. Terdaftar 320 DPT dan disiapkan 352 surat suara.

“Dari 9 orang yang melakukan pemilihan di TPS. Selain karena lanjut usia, penyebabnya karena sakit. Salah-satunya sedang menjalani perawatan di RSUD Kaur,” sampai ketua panitia Pilkades Desa Suka Merindu, Sulaiman.

Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKPB Dwi Agung Setyono, S.IK, MH terlihat hadir saat proses proses perhitungan suara di Desa Suka Merindu. Ia duduk didampingi Camat Semidang Gumay, Hazairin, S.Pd.

PSU juga diamankan tim gabungan yang beranggotakan Iptu Samsul Rizal, SH, Ipda Slamet Ambyah, Aipda Agus Supriyadi, Aipda Suprihatin, Bripka Yogi Ekson, Bripka R Gea, Bripka Wawan S, Brigpol Arif, dan Briptu Jemi. Sedang personel dari TNI-AD yakni Serka Bambang, Serka Yulian, dan Koptu Ahmad J.

Pjs Kades Suka Merindu Merlianto,S.Sos merasa bersyukur bahwa pelaksanaan PSU berjalan aman dan lancar. Mayoritas warga memberikan hak pilihnya. Ia berharap kondisi yang kondusif ini terus dijaga kedepannya.

“Siapapun yang meraih suara terbanyak, itulah pemimpin desa ini 6 tahun kedepan. Saya mengimbau agar semua warga bersatu untuk melakukan pembangunan. Yang memang jangan jumawa dan yang kalah mesti berlapang dada,” tegasnya. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here