Beranda Bengkulu Selatan Prokes Kendor, Bupati Kecewa

Prokes Kendor, Bupati Kecewa

81
0
IST/RKa
CEK: Bupati BS cek kepatuhan warga dalam penerapan Prokes Covid-19 di Pino Raya, Senin (19/07).

RKa ONLINE, BENGKULU SELATAN (BS) – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi, SE, MM mengaku kecewa. Lantaran, Pemerintahan Desa (Pemdes) belum maksimal dalam menegakan Protokol Kesehatan (Prokes). Terbukti, dari hasil keliling pihaknya di wilayah Kecamatan Pino Raya, masih banyak warga yang tidak menggunakan masker pada saat keluar rumah. Padahal, sangat jelas aturan bagi warga yang keluar rumah wajib Prokes, memakai masker dan tetap jaga jarak.

“Hasil kami keliling ke Pino Raya tadi hampir seluruh masyarakat tidak peduli dengan Prokes. Ini disebabkan aparatur desa belum maksimal mensosialisasi Prokes kepada warga,” kata Bupati, Selasa (20/07).

Lanjutnya, padahal saat ini ruang perawatan atau ruang isolasi di rumah Rumah Sakit Umum Hassanudin Damrah (RSUHD) Manna sudah over kapasitas. Karena, banyaknya warga yang terkonfirmasi wabah Covid-19. Sehingga, dalam pemulihan terkonfirmasi wabah Covid-19 di BS sangat diperlukan partisipasi warga dalam penggunaan Prokes. Karena, itu sangat penting dalam penurunan angka terkonfirmasi wabah Covid-19.

“Pasien tidak tertampung lagi, gedung Isolasi yang kita bangun ternyata kurang besar dan syukur ruangan sudah dibangun dan cukup bagus. Namun, karena terlalu banyak pasien tidak mampu lagi menampung. Tenaga medis sudah kelelahan, kini terpaksa kami buat tenda untuk tempat perawatan darurat di rumah sakit,” beber Bupati.

Dia menegaskan, dalam penegaan Prokes Pemdes wajib melakukan tindakan tegas. Apabila, ada warga yang melawan ataupun melanggar dalam penegakan Prokes. Sebab, Prokes merupakan kewajiban di masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu, dirinya juga berharap Pemdes bisa bekerjasama dengan TNI-Polri dalam melakukan penegakan Prokes.

“Mohon jaga kesehatan jangan sampai kita, keluarga kita yg menjadi penghuni tenda gawat darurat ini, ayo jaga diri jaga kesehatan,” imbau Bupati.(rjs)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here