Beranda Pendidikan Program Sekolah Adiyata Bentuk Karakter Pelajar

Program Sekolah Adiyata Bentuk Karakter Pelajar

57
0

RKa ONLINE, KAUR TENGAH – Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan wilayah IX Bintuhan, H Jayadi Ruslan, SS, M.TPd mengatakan, ada banyak program yang bisa dilakukan oleh satuan pendidikan, dalam menerapkan pendidikan karakter, fokus Kurikulum 2013 atau beken disebut K-13. Salah satunya dengan penerapan Program Sekolah Adiyata, yaitu program satuan pendidikan yang peduli lingkungan bersih, sehat, serta indah.

“Dengan adanya program ini diharapkan seluruh masyarakat di sekitar satuan pendidikan sadar, bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh,” ujar Jayadi Ruslan, Jumat (26/6).

“Sedang untuk manfaat peseta didik di satuan pendidikan yang menerapkan program ini, adalah membiasakan perilaku hidup bersih. Dimana sama-sama kita ketahui bila kebersihan adalah sebagian dari iman, jadi secara tidak langsung lewat program ini melatih pelajar untuk relegius, yang termasuk dalam salah satu poin pendidikan karakter,” tambah Kancabdin.

Tak hanya penerapan karakter religius, imbuh Kancabdin, lewat program kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknik (Kemendikbud Ristek) RI ini, peseta didik juga dilatih menerapkan karakter gotong royong dan bertanggung jawab. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here