Beranda Pendidikan Profesionalitas Guru Harus Diawasi

Profesionalitas Guru Harus Diawasi

139
0
HERPIN/RKa
PELATIHAN PENGEMBANGAN PROFESI : Dr. H. Matsuro dari Lembaga Informasi Pelatihan Nasional, Jakarta didampingi Kepsek Herlian,S.Pd dan guru SD saat pelatihan pengembangan profesi guru di SDN 23 Kaur, Rabu (7/4).

PADANG GUCI HULU – Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Lembaga Informasi Nasional, Jakarta memberikan pelatihan khusus guru SD di SD N 23 Kaur Desa Bungin Tambun I Kecamatan Padang Guci Hulu, Rabu (7/4). Dengan peserta Kepala Sekolah (Kepsek) dan guru di tiga kecamatan, yakni Kaur Utara, Padang Guci Hulu dan Lungkang Kule.

Pemateri dari Balai Diklat Lembaga Informasi Nasional, Dr.H.Matsuro kepada Radar kaur (RKa) menjelaskan guru mempunyai peran penting dalam menghadirkan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karenanya, profesionalitas guru harus diawasi dan ditingkatkan. Supaya tetap berkompeten dalam menjawab kebutuhan.

Lanjutnya, pengembangan profesionalisme guru ditujukan untuk memenuhi tiga kebutuhan. Pertama kebutuhan sosial untuk meningkatkan kemampuan sistem pendidikan yang efisien dan manusiawi dan melakukan adaptasi untuk menyusun kebutuhan-kebutuhan sosial.

“Pelatihan seperti ini supaya guru lebih mendalami profesi. Kemudian mengajarkan kepada guru yang kepangkatannya sudah mentok, tidak bisa lagi naik pangkat kerena alasan tertentu. Misalnya tidak bisa membuat karya ilmiah atau sebagainya, di sinilah akan diajarkan caranya supaya guru bisa naik pangkat lebih tinggi,” ulas Matsuro.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKS) Kaur Utara sekaligus Kepala SDN 98 Kaur, Herlian,S.Pd mengatakan, pelatihan ini sangat berguna bagi guru. Banyak ilmu yang didapat, misalnya saja pengembangan profesional guru, strategi pengembangan profesionalisme guru, peningkatan kualifikasi pendidikan guru sampai ke tahap guru mendapatkan sertifikasi.

“Guru mendapatkan ilmu yang banyak dengan adanya pelatihan seperti ini. Apalagi di daerah sangat sulit sekali ada pelatihan langsung dari pusat dan pelatih yang berkompeten,” tutupnya.(cw1)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here