Beranda Lintas Kecamatan PLN : Jangan Sepelekan Kabel Arde

PLN : Jangan Sepelekan Kabel Arde

97
0
IST/RKa
DIRAWAT: Korban tersengat arus listrik sedang mendapat perawatan di ruang IGD RSUD Kaur, Sabtu (6/3).

KAUR TENGAH – Manager PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Bintuhan, Novian Parlindo Putera mengingatkan, agar pelanggan di Kabupaten Kaur tak menyepelekan pemasangan kabel arde pada instalasi listrik. Mengingat pungsinya sebagai pertahanan ketika terjadinya gangguan dan bahaya listrik. Arde atau grounding, merupakan jalur khusus yang tak terhubung dengan kabel lain dalam instalasi aliran listrik. Biasa terpasang pada meteran listrik yang ditanamkan pada permukaan tanah.

“Pernah kesetrum saat memegang CPU komputer atau alat eletronik lain. Coba dicek, ada kabel arde yang terpasang di meteran listrik atau tidak. Fungsi dari arde atau grounding adalah mengalirkan kebocoran listrik ke bumi. Sehingga ketika hal itu terjadi tak sampai menimbulkan bahaya kesetrum,” ujar Novian ketika berjumpa di pos pelayanan pelanggan di Kelurahan Tanjung Iman, Minggu (7/3).

Ia menyayangkan saat ini banyak instalator listrik mengabaikan hal tersebut, bahkan pemilik rumah atau kantor, meminta petugas untuk tidak memasangnya. “Seorang instalator yang kompeten pasti tidak akan mengabaikan hal tersebut,” lanjutnya.

Selain itu, guna mencegah terjadinya bahaya aliran listrik, ia juga menyarankan, agar pelanggan listrik PT. PLN (persero), menggunakan colokan listrik dan stop kontak yang telah terpasang arde.

“Pada umumnya, setiap produk perlatan listrik yang terstadarisasi, telah terpasang titik arde. Baik itu pada steker ataupun stop kontak,” tutup Novian. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here