Beranda Pendidikan PJJ, Ortu Mulai Mengeluh

PJJ, Ortu Mulai Mengeluh

35
0

RKa ONLINE, KAUR TENGAH – Diberlakukan kembali Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di satuan pendidikan di Kabupaten Kaur, akibat memanasnya pandemi Covid-19. Mulai membuat beberapa orang tua mengeluh. Terlebih bagi mereka orang tua peserta didik jenjang dasar, khususnya kelas IV hingga kelas VI. Seperti diakui Yulis (30) warga Desa Tanjung Iman Kecamatan Kaur Tengah, Sabtu (31/7).

Tak hanya mendampingi buah hati dalam melakukan PJJ. Dirinya juga harus mengarahkan buah hati yang kini duduk di kelas IV SD dalam belajar. Berbeda dengan pelajaran ditingkat kelas sebelumnya, tingkat kesulitan materi pelajaran juga ikut meningkat. Karenanya seringkali ia harus memanfaatkan mesin pencarian internet, untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dalam PJJ.

“Untuk pelajaran kelas III itu masih bisa kami kuasai. Namun untuk kelas IV ini jauh lebih sulit, terlebih lagi sebagai ibu rumah tangga saya tak pernah mengulik pelajaran yang sebenarnya waktu SD dulu telah saya pelajari. Mentok-mentok ya makai google untuk cari jawaban dari soal yang diberikan para guru,” ceritanya pada RKa.

“Yang kami sayangkan disini, benar jawaban dari yang berikan benar. Namun, anak-anak kami tak tahu bagaimana proses perhitungannya. Misalnya untuk pelajaran Matematika,” tambah Yulis.

Dirinya mengakui, bila ia atau mungkin orang tua lain merasakan sebuah dilema, terkait proses KBM untuk buah hatinya. Disatu sisi, ditengah memanasnya pandemi Covid-19, tentu membuat khawatir ketika dilangsungkan pembelajaran tatap muka. Namun, di sisi lain pentingnya pencapaian hasil akademik yang maksimal, dibutuhkan sebagai bekal bagi generasi penerus bangsa.

“Begitu yang kami rasakan saat ini. Berkaca saat kami sekolah dulu, belajar tatap muka setiap hari itu seringkali materi kurang mampu diserap. Sedang ini pembelajarannya jarak jauh, dengan pendampingan kami orang tua yang kemampuannya terbatas. Kecil harapan kalau pencapaian akan maksimal,” tutupnya. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here