Beranda Metropolis Pilkades Digelar 9 Desember, Baru 11 Desa Setor Panitia

Pilkades Digelar 9 Desember, Baru 11 Desa Setor Panitia

686
0
UJANG/RKa
KOORDINASI : Salah satu desa yang akan melaksanakan pilkades berkoordinasi ke Dinas PMD Kaur, Senen (30/8).

RKa ONLINE, BINTUHAN – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dijadwalkan akan digelar serantak 9 Desember 2021. Namun tergantung dengan persiapan panitia pilkades. Karena saat ini baru ada 11 desa yang sudah setor nama panitia ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kaur. Batas waktu menyerahkan nama-nama panitia Pilkdesa paling lambat 6 September 2021. Bagi desa yang belum menyampaikan data panitia Pilkades dianggap belum mampu melaksanakan Pilkades.

“Dari 66 desa yang akan habis masa jabatannya, baru 11 desa yang telah siap atau telah menyerahkan data panitia Pilkades. Sedangkan untuk pelaksanaan dijadwalkan pada tanggal tanggal 9 Desember 2021,” kata Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Asdyarman,S.Sos Melalui Kabid Pemberdayaan Kelurahan dan Desa Doni Raspino,ST kepada RKa, Senin (30/8).

Perbup Pilkades masih dalam pengkajian dan dalam minggu ini sudah rampung. Dalam Perbup ada beberapa item yang ditegaskan. Seperti Daftar Pemilih Tetap (DPT) wajib memiliki KTP setempat atau minimal telah menetap di desa tersebut selama 6 bulan. Selain itu aturan atau kesepakatan yang dibuat oleh desa tidak boleh bertentangan dengan Perbup.(ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here