Beranda Berita Utama Pilkada, Harga TBS Terus Meroket

Pilkada, Harga TBS Terus Meroket

177
0

TANJUNG KEMUNING – Petani sawit di Kecamatan Tanjung Kemuning dapate tersenyum manis. Pasalnya, harga jual Tandan Buah Segar (TBS) hasil panen mencapai angka tertinggi. TBS dibeli pengumpul diangka Rp 1.750/Kg. Terjadi kenaikkan yang menggembirakan. Dimana sebelumhya, TBS hanya dibeli pengumpul Rp 1.480/Kg.

“Alhamdulillah, harga TBS sudah kembali ke harga normal yakni di atas Rp 1.500/Kg. Untuk beberapa hari terakhir, sudah diangka Rp 1.750/Kg,” ungkap petani sawit asal Desa Tanjung Aur I Kecamatan Tanjung Kemuning, Rosiwan (51), Rabu (23/9).

Dikatakan Rosiwan, sudah lebih setahun menunggu, akhirnya harga jual TBS dapat tembus ke angka harapan petani. Namun, harapan petani sawit hendaknya harga ini dapat bertahan lama. Sebab, pengalaman sebelumnya harga bisa anjlok kapanpun. Bahkan, turun bebas tak terbendung hingga kelevel terendah yang mengakibatkan petani menjerit. Untuk itu, harga ini dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama. Dengan demikian, tetap menjaga kestabilan ekonomi petani sawit. Petani tidak ingin terjadi, baru merasakan harga mahal namun tiba-tiba sudah melorot kembali.

“Harga TBS ditingkat petani kerap tidak bertahan lama jika mahal. Namun, saat harga murah bertahan mencapai hitungan tahun,” ucap Rosiwan.(xst)

 




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here