Beranda Lintas Kecamatan Petani Asal Lampung dan BS Serbu TNBBS

Petani Asal Lampung dan BS Serbu TNBBS

75
0


DEDI JULIZAR/RKa
BERDATANGAN : Pemilik kebun di TNBBS daerah Nasal mulai berdatangan, baru-baru ini.

NASAL – Menjelang musim panen kopi, petani mulai berdatangan ke kebunnya yang berlokasi di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Mayoritas yang sudah datang ini berasal dari Provinsi Lampung dan Bengkulu Selatan (BS). Mereka datang dengan cara berkelompok. Dengan naik mobil travel dan berjanji dengan tukang ojek untuk membawa mereka ke kebun miliknya di TNBBS.

“Memang sudah mulai banyak pemilik kebun di TNBBS datang. Saya dalam minggu ini sudah dua kali membawa mereka mengojek,” sebut warga Dusun Sedoarjo Desa Merpas Kecamatan Nasal, Hadi (36).

Tambahnya, mereka memesan jasa ojek dengan menelepon atau melalui pesan singkat (SMS). Ada juga yang melalui aplikasi WhatsApp (WA). Mengenai ongkos ojek membawa mereka tidak ada dibanderol pasti. Tergantung dengan perjanjian antara mereka saat komunikasi. Ada yang Rp 150.000 ada juga yang mencapai Rp 300.000 /motor.

“Kalau ongkos kami membawa mereka tidak ada patokan pasti. Tergantung perundingan kami yang mengojek dengan yang akan diojekan. Berpatokan dengan lokasi kebun yang akan didatangi,” ujar dia. (mrn)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here