Beranda Berita Utama Yang Ter Perusahaan BUMN Temukan Berlian Terbesar Ketiga di Dunia

Perusahaan BUMN Temukan Berlian Terbesar Ketiga di Dunia

35
0

SEBUAH perusahaan yang separuh sahamnya dimiliki pemerintah di Botswana berhasil menambang sebuah berlian dengan ukuran terbesar ketiga di dunia. Ukuran batu berharga ini hanya kalah sedikit dibandingkan ukuran yang terbesar sejagat.

Dikutip dari BBC, Sabtu 19 Juni 2021, berlian itu memiliki berat 1.098 karat. Presiden Botswana, Mokgweetsi Masisi, memperlihatkan barang tersebut setelah perusahaan berlian, Debswana, menambangnya.

Berlian terbesar ketiga di dunia ini menambah hasil penambangan fantastis yang pernah dilakukan di Botswana. Berlian terbesar kedua di dunia juga ditemukan di negeri Afrika ini pada 2015.

“ Ini adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan oleh Debswana selama 50 tahun beroperasi,” ujar Managing Director Debswana Diamond Company, Lynette Armstrong.
Dari analsisi Lynette, berlian itu menjadi yang terbesar di dunia.

Sekadar informasi, Debswana adalah perusahaan joint venture antara pemerintah dan perusahaan berlian raksasa, De Beers. Ada 80 persen dari pendapatan penjualan menjadi pemasukan negara melalui divide, royalty, dan pajak.

Pecinta perhiasan dunia harus menunggu cukup lama guna mengetahui harga dari berlia terbesar ketiga di dunia itu. Namun sebagai patokan, berlian terbesar kedua dunia yang pernah ditemukan, di Lesedi La Rona laku dijual US$53 juta pada tahun 2017, atau Rp764,5 miliar.

Berlian terbesar yang pernah ditemukan adalah berlian Cullinan 3.106 karat yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905.

Rezeki di Tengah Pandemi, Ditemukan Berlian Langka Seharga Rp265 Miliar
SEORANG penambang berlian mendapatkan keberuntungan yang sangat besar. Ia berhasil menemukan beberapa berlian langka yang bernilai sangat tinggi.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here