Beranda Berita Utama Pers Berperan Sukseskan Pilkada

Pers Berperan Sukseskan Pilkada

103
0
UJANG/RKa
PENGAWASAN PARTISIPATIF : Ketua Bawaslu Kaur, Toni Kuswoyo, S.Sos, Ketua PWI Provinsi Zacky Antoni, SH,MH, Komisoner Bawaslu Oyon Zupra, M.TPd dan Korsek Bawaslu Kaur, Sisanto, S.Sos saat acara sosialisasi pengawasan partisipatif di K-Hotel, Bintuhan, Kamis (13/8).

BINTUHAN – Pers memiliki peran besar untuk menyukseskan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Kaur. Melalui karya jurnalistik, pers diharapkan berperan dalam pengawasan partisipatif dan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Untuk menciptakan suasana politik yang kondusif. Demikian disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu, Zacky Antoni, SH, MH saat menjadi narasumber sosialisasi pengawasan partisipatif yang dilaksanakan Bawaslu Kaur di aula K-Hotel, Bintuhan, Kamis (13/8).
Zacky mengajak seluruh insan pers di Kaur untuk memberikan informasi yang akurat dan berimbang. Mengingat peran pers sangat vital dalam demokrasi, pers wajib netral. Dan wajib mematuhi kodek etik jurnalistik.
Menurutnya, pers tidak dibenarkan membuat berita dari seorang calon yang menyerang calon lainnya. Sebab, perpotensi menciptakan suasana gaduh. Apalagi jika berita tersebut tanpa didukung dengan data yang kuat.
“Namun, jika berita sudah sesuai dengan kode etik jurnalistik, tidak akan ada masalah lagi. Yang jadi masalah, kalau berita yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik. Misalnya, berita yang menyangkut nama baik seseorang atau lembaga, tidak ada konfirmasi dari orang atau lembaga yang bersangkutan,” papar Zacky lagi.
Sedangkan Ketua Bawaslu Kaur Toni Kuswoyo, S.Sos mengajak pers berperan dalam pengawasan partisipatif. Dengan menyampaikan informasi apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam setiap tahapan Pilkada. Sehingga masyarakat akan mengerti apa saja yang masuk pelanggaran Pilkada.
“Harapan terbesar melalui media, dapat mencerdaskan dan mendewasakan masyarakat dalam berpolitik,” harapnya.
Sosialisasi diikuti wartawan media cetak, elektronik dan online yang ada di Bumi Se’ase Seijean.(ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here