Beranda Wonderfull Kaur Perpaduan Pusat Ekonomi dan Ibadah yang Ikonik

Perpaduan Pusat Ekonomi dan Ibadah yang Ikonik

482
0


Bahman/RKa
MAGNET: Gedung Kuliner menjadi magnet bagi warga Kabupaten Kaur atau warga pelintas untuk mampir beristirahat dan menikmati jajanan kuliner yang ada.

LAPANGAN Merdeka Bintuhan di pusat Kota Bintuhan sejak dulu menjadi jantung dari geliat aktivitas masyarakat Kabupaten Kaur. Disini semakin hari semakin ramai. Dengan latar belakang pemandangan yang menarik, membikin betah pengunjung untuk berlama-lama. Perpaduan antara Gedung Kuliner yang berdiri Jalan Merdeka Barat dengan Masjid Al Kahfi yang berada di Jalan Merdeka Timur. Keduanya adalah perlambang pusat ekonomi dan peribadahan yang ikonik.

Diwaktu sore hari, lapangan menjadi pusat aktivitas masyarakat. Lapangan ini dikelilingi Jalan hotmix merupakan suatu simbol keragaman masyarakat Kabupaten Kaur. Lapangan ini terbentang sejak zaman penjajahan Belanda.

Setiap sore hari banyak warga berdatangan menghabiskan waktu sambil menikmati indahnya pemandangan rumput hijau. Di lapangan ada jalan rabat beton yang melingkar dengan bebatuan hias kecil yang sering dimanfaatkan warga untuk bersantai dan berjogging.

Yang datang bukan hanya warga Kabupaten Kaur yang bersantai di pinggir lapangan. Namun warga yang kebetulan lewat dari Pulau Jawa singgah untuk melepas kelelahan saat berperjalanan.

Dipinggir lapangan berbagai macam dijual oleh para pedagang. Dengan tempat duduk dari kursi plastik yang biasa dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati makanan sambil menghirup udara yang segar.

Lapangan yang berada dipusat kota setiap pagi dibersihkan oleh petugas dari Dinas Kebersihan Kabupaten Kaur. Begitu pun dengan rumput hijau sering dipotong menggunakan mesin. Kelestarian dan keindahan lapangan bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan. Namun tanggung jawab semua warga khususnya di Kota Bintuhan.

“Ia lapangan Merdeka Bintuhan terbentang sejak zaman penjajahan Belanda. Lapangan menjadi suatu kebanggaan warga, setiap hari mendapat perawatan dan dibersihkan oleh petugas. Lapangan juga dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan,” kata Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Kaur, H Syamhardi Saleh belum lama ini.

Pusat Aktivitas Olaharga

Bahman/RKa
BOLA: Pemuda sedang asyik bermani bola kaki di Lapangan Merdeka Kota Bintuhan. Dan ada juga yang bersantai sambil menikmati indahnya diseputar lapangan, Kamis (3/12).

Lapangan Merdeka Bintuhan merupakan pusat aktivitas olahraga masyarakat. Setiap pagi dan sore hari banyak pemuda berdatangan untuk berolahraga. Ada olahraga sepak bola, bola voli, takraw dan ada juga yang berjogging. Bukan hanya para pemuda, orangtua pun juga demikian.

Setiap pagi dan sore hari warga pun berbondong-bondong berolahraga dengan tujuan untuk mencari keringat agar tubuh tetap sehat. Karena sehat itu sangat mahal. Apalagi kondisi sekarang ini, selain menjaga pola makanan yang sehat, olahraga pun tetap terjaga.

“Sambil menikmati indahnya rumput hijau di Lapangan Merdeka Bintuhan juga sambil berolahraga,” kata Andrio didampingi Zaki pelajar SMAN I Kaur, warga Desa Pasar Baru Kecamatan Kaur Selatan.

Diakuinya, berolahraga jogging hampir setiap pagi. Selain meningkatkan imun juga menjaga tubuh agar tetap sehat. Dan olahraga sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Sesibuk apa pun kegiatan tetap meluangkan waktu untuk berolahraga.

“Olahraga juga digelar di sekolah saat mata pelajarannya. Olahraga merupakan bagian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Gunakan waktu yang tepat untuk berolahraga agar tubuh menjadi bugar dan sehat di Lapangan Mardeka Bintuhan,” ajaknya. (man)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here