Beranda Lintas Kecamatan Perda Hewan Ternak Layak Direvisi

Perda Hewan Ternak Layak Direvisi

49
0


DEDI JULIZAR/RKa
BERKELIARAN: Sapi milik masyarakat terus berkeliaran di jalan lintas barat Kecamatan Maje, Rabu (18/8).

RKa ONLINE, MAJE – Perda hewan ternak di Kabupaten Kaur layak direvisi. Harus ada penegasan yang lebih baik dari sebelumnya. Sebab denda yang dikenakan tidak membuat pemilik ternak takut. Buktinya, sampai kini hewan ternak di Kecamatan Maje berkeliaran bebas. Bahkan, masyarakat berpatokan di Kecamatan Kaur Selatan. Menurut versi mereka, di kota saja hewan masih berkeliaran bebas. Apalagi di tingkat kecamatan bukan masuk kota kabupaten.

“Memang selama ini Perda hewan ternak tidak ada efek jera bagi masyarakat. Pemilik ternak hanya takut jika melihat Satpol PP melakukan razia saja. Jika tidak ada razia hewan ternak, maka hewan akan dilepas seperti biasa,” sebut Hermansyah (30) tokoh pemuda Desa Wayhawang Kecamatan Maje.

Lanjutnya, efek yang timbul dengan adanya Perda hewan ternak di Kabupaten Kaur. Terjadinya pelepasan hewan ternak sapi dan kerbau oleh pemiliknya di Kota Bintuhan di Kecamatan Maje dan Nasal. Sehingga jumlah hewan ternak berkeliaran di dua kecamatan ini bertambah ramai. Bahkan, ternak itu tidak diurus dengan baik oleh pemiliknya.

“Kami berharap urusan hewan ternak ini ada penataan yang lebih baik. Sehingga Maje dan Nasal bukan menjadi kecamatan tempat dilepas hewan ternak masyarakat,” kata dia. (mrn)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here