Beranda Lintas Kecamatan Perambah kembali “Serbu” TNBBS

Perambah kembali “Serbu” TNBBS

65
0

NASAL – Para perambah hutan kembali “menyerbu” Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Mereka mulai melakukan perawatan kebun kopi di dalam TNBBS. Sebab saat ini kebun mereka mulai memutik. Mereka ini banyak dari luar Kabupaten Kaur. Ada yang dari Provinsi Lampung, Kabupaten Bengkulu Selatan. Bahkan, diantaranya ada yang memang berdomisili di Pulau Jawa.

“Kini sudah ada pemilik kebun kopi di TNBBS datang. Mereka meninjau kebun miliknya, karena sudah mulai berbuah lagi. Hal ini bisa terjadi saat menjelang akhir tahun,” ujar masyarakat di Talang Lima TNBBS Muhajir (54).

Lanjutnya, diantara mereka itu ada yang kebunnya masih dikelola sendiri. Ada juga yang kebun sudah dibagi hasil oleh masyarakat lain. Bagi pemilik kebun yang sudah digarab oleh masyarakat lain. Kedatangan mereka itu untuk melihat kondisi bunga/buah kebun melik mereka. Supaya bisa memperkirakan seberapa lebat kopi mereka berbuah.

“Bagi kami yang tinggal dalam TNBBS pemandangan ini lumrah terjadi. Jadi kami tidak heran jika menjelang musim ramai orang berdatangan ke dalam TNBBS,” ujar dia. (mrn)

 




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here