Beranda Bengkulu Selatan Perades Dilarang Rangkap Jabatan

Perades Dilarang Rangkap Jabatan

81
0

RKa ONLINE, BENGKULU SELATAN (BS) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) kembali mengingat. Perangkat Desa (Perades) agar tidak memegang profesi ganda dalam lingkungan pemerintah. Karena, sekarang tugas Perangkat Desa mempunyai jam kerja yang sama dengan ASN, wajib masuk kerja seperti PNS. Hal ini untuk menjaga netralitas kinerja sebagai aparatur desa.

Kepala DPMD BS, Hamdan Syarbini, S.Sos mengatakan, kenapa Perangkat Desa tidak diperbolehkan merangkap jabatan. Karena, ketentuan larangan tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang Desa maupun Peraturan Bupati (Perbup). Ditambahkan Hamdan, apabila masih ada yang berprofesi ganda. Maka otomatis mereka tidak bisa kerja secara maksimal dan efektif. Sehubungan dengan itu, maka diharapkan Camat dan Kades untuk mengawasi dan memanggil oknum jika masih ada rangkap jabatan.

“Saya minta BPD yang ada di desa juga harus proaktif untuk bersinergi dan melakukan pengawasan dalam membangun desa dengan cara membuat program kerja dan kegiatan di desa bersama-sama Perangkat Desa dan Kades,” tandasnya.

Lanjutnya, selain itu masyarakat juga di harapkan untuk tetap mengawasi Perangkat Desa. Apabila, masih ada yang merangkap dua jabatan di desa maka diminta untuk melaporkan kepada pihaknya agar ditindaklanjuti. Selain itu, didalam peraturan Perangkat Desa memang tidak diperbolehkan dua jabatan sekaligus.

“Diharapkan semua masyarakat bisa membantu dalam pengawasan Perangkat Desa di Kabupaten BS,” ungkap dia.(rjs)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here