Beranda Berita Utama Penguatan Statistik Sektoral, BPS Gelar Pembinaan Desa

Penguatan Statistik Sektoral, BPS Gelar Pembinaan Desa

164
0
IST/RKa
FOTO BERSAMA : Kepala BPS Kaur, Iin Inayati, SST, MM berfoto bersama Pemerintah Desa Rigangan II Kecamatan Kelam Tengah, Selasa (7/9).

RKa ONLINE, BINTUHAN – Dalam rangka melakukan pembinaan statistik sektoral, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaur melakukan Pembinaan Desa (BISA), Selasa (7/9). Ini disampaikan Kepala BPS Kaur, Iin Inayati, SST, MM pada Wartawan Radar Kaur (RKa), Rabu (8/9). Dirinya ikut hadir saat acara BISA di Desa Rigangan II Kecamatan Kelam Tengah.

Dikatakan, statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu. Dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi pemerintah yang bersangkutan. Meskipun program pelaksanaannya menjadi tanggung jawab instansi pemerintah terkait, dalam praktek pelaksanaan dapat bekerja sama dengan BPS.

“Pembinaan Desa (BISA) merupakan program peningkatan kapasitas pengelolaan dan pemanfaatan data statistik kepada desa/kelurahan. Yang bertujuan, untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa terhadap statistik,” beber Kepala BPS.

Ditambahkannya, kegiatan BISA dilaksanakan secara serentak di lima desa yang ada di Kabupaten Kaur. Diantaranya, Desa Sukaraja Kecamatan Tetap, Desa Air Jelatang Kecamatan Maje, Desa Gedung Sako Kecamatan Kaur Selatan, Desa Pulau Panggung Kecamatan Luas dan Desa Rigangan II Kecamatan Kelam Tengah. (roh)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here