Beranda Lintas Kecamatan Penertiban Off, Ternak Liar Merajalela

Penertiban Off, Ternak Liar Merajalela

22
0

RKa ONLINE, MAJE – Akibat semua jajaran Pemda Kaur sibuk dengan kegiatan pencegahan paparan virus corona. Razia hewan ternak terhenti di wilayah Kecamatan Maje. Akibatnya kini hewan ternak berkeliaran bebas di jalan raya. Sementara kini kendaraan yang melintas di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera meningkat. Kondisi ternak ini bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kades Linau Agus Setiawan membenarkan, bahwa hewan ternak kini memang ramai berkeliaran di jalan raya. Kondisi ini bukan saja terjadi di desanya. Bahkan, di Kota Bintuhan juga saat ini hewan ramai berkeliaran bebas. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat belum ada. Mereka mengandangkan ternak jika pihak Satpol PP rutin menggelar razia.

“Saya berharap masyarakat menggembalakan ternak bukan takut karena razia saja. Tapi bentuk kepatuhan pada aturan yang ditentukan pemerintah,” katanya.

Terpisah, Hermansyah (37), pemuda Desa Wayhawang Kecamatan Maje mengakui, memang penertipan hewan ternak belum maksimal. Selama ini masyarakat mengurung hewan peliharaannya takut ada razia. Jika tidak ada raiza maka hewan yang selama ini digembala mungkin saja dilepas. Memang ada sebagian masih mengurus ternaknya dengan baik.

“Persoalan Perda ternak ini memang masih menjadi bumerang. Karena walau sudah ada aturan, tapi tidak semua pemilik ternak menggembala secara baik,” ujar dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here