Beranda Berita Utama Penerimaan Pajak Kaur Naik Rp 600 Juta

Penerimaan Pajak Kaur Naik Rp 600 Juta

214
0

RKa ONLINE, BINTUHAN – Penerimaan pajak atas seluruh jenis wajib pajak, baik wajib pajak badan, orang pribadi, instansi pemerintah dan juga termasuk pajak atas Dana Desa (DD) di Kabupaten Kaur mengalami peningkatan. Ini disampaikan Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Bintuhan, Hantoro Widyo Pratomo, SH, Kamis (21/7).

“Pada Tahun 2019 lalu penerimaan pajak yang masuk pada kas negara sebesar Rp 28,3 M. Sedangkan untuk tahun 2020 setoran pajak yang masuk sebesar Rp 28,9 M. Diantaranya dari jenis Pajak Penghasilan (PPh) sebesar Rp 15,9 M dan dari jenis Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Sebesar Rp 12,7 M sisanya dari jenis pajak lainnya. Itu berarti mengalami peningkatan lebih kurang Rp 600 juta,” ujarnya.

Hantoro melanjutkan, sedangkan untuk tahun 2021 ini per bulan Juli, penerimaan pajak yang masuk sudah di angka Rp 18,2 M. Jika melihat waktu yang tersisa hingga Desember mendatang masih lumayan panjang. Sedangkan penerimaan pajak dari Wajib Pajak di Kabupaten Kaur lebih dari setengah jika ingin disamakan dengan tahun sebelumnya.

Jika melihat dari data tahun-tahun sebelumnya, ulas Hantoro, para wajib pajak ini biasanya mengalami peningkatan pembayaran pajak pada bulan Agustus hingga November. Mudah-mudahan tahun ini penerimaan pajak di Kaur juga mengalami peningkatan. Sebab, pajak merupakan sumber pendapatan utama dari suatu negara.

“Seluruh pembelanjaan negara dapat terlaksana jika seluruh komponen wajib pajak aktif dalam melaksanakan kewajibannya. Mengingat pentingnya peran pajak dalam penerimaan negara, maka peran wajib pajak sangat diharapkan demi tercapainya penerimaan Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (APBN) di setiap tahunnya,” tandas Hantoro. (roh)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here