Beranda Pendidikan Pendidikan Literasi Harus Sesuai dengan Tumbuh Kembang Anak

Pendidikan Literasi Harus Sesuai dengan Tumbuh Kembang Anak

21
0

RKa ONLINE, JAKARTA – Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbudristek, Muhammad Hasbi, mengatakan, anak memang harus memiliki budaya literasi sejak dini. Namun, belajar literasi tetap harus disesuaikan dengan tumbuh kembang anak.

Pendidikan literasi anak tentunya akan berbeda sejak dini. Pada usia dini, anak tidak bisa langsung diajari membaca huruf atau teks. “Kita perlu menegaskan, bahwa pendidikan literasi usia dini harus memperhatikan prinsip pertumbuhan anak, di mana anak tumbuh berkembang dan bermain,” kata Hasbi, dalam webinar Hari Anak Nasional 2021, Jumat (23/7).

Menurutnya, selama ini pendidikan literasi pada anak usia dini masih sering salah kaprah. Ia menilai, salah satu alasan penyebab pendidikan literasi yang salah adalah ekosistem pendidikan yang tidak mendukung sesuainya pendidikan literasi pada anak usia dini.

Saat ini, masih banyak perbedaan persepsi antara guru PAUD dan SD mengenai pengertian literasi pada anak. “Di satu sisi, guru PAUD mengajarkan literasi secara bermain, sementara di SD kemampuan literasi dituntut secara paripurna,” kata dia lagi.

Hasbi mengatakan, pendidikan literasi sejak dini bisa dimulai dengan mengajak anak untuk mencintai buku. Anak perlu diajari bahwa guru adalah jendela ajaib yang akan mengantarkan mereka ke dunia-dunia baru. Pada akhirnya, mereka akan tumbuh kembang dengan baik.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here