Beranda Berita Utama Pemda Kaur Salur 750 Kantong Daging Kurban

Pemda Kaur Salur 750 Kantong Daging Kurban

97
0
UJANG/RKa
DAGING KURBAN : Panitia penyembelihan hewan kurban Pemda Kaur saat membagi daging untuk disalur 15 ke 15 kecamatan, Jumat (31/7). Penyembelihan dipusatkan di Masjid Agung Al-Kahfi, Bintuhan.

radarkaur.id || BINTUHAN – Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah/2020, Pemda Kaur membagikan 750 daging hewan kurban. Di sebar ke 15 kecamatan. Setiap kecamatan mendapatkan 50 kantong untuk diserahkan kepada yang berhak menerimanya (mustahiq). Penyembelihan hewan kurban dilakukan usai salat Ied, Jumat (31/7) dan langsung disalurkan melalui panitia di kecamatan-kecamatan.
“Untuk menghindari perkumpulan masyarakat, pembagian daging hewan kurban diantar langsung ke masyarakat yang dianggap berhak menerima oleh panitia yang ada di kecamatan-kecamatan,” terang Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemda Kaur, Robi Antomi, S.Pi.
Hewan kurban yang disembelih ada delapan ekor sapi, lanjutnya. Seluruhnya disembelih di Masjid Agung Al-Kahfi, Bintuhan.
Diakui Kabag, jika tahun sebelumnya pembagian daging hewan kurban menggunakan kupon dan masyarakat langsung ke tempat penyembelihan. Karena masih waspada Covid-19, tahun ini penyembelihan dipusatkan di satu titik. Dan daging kurban dibagi langsung oleh panitia kurban di kecamatan rumah-rumah penerima. (ujr)

Polsek Salur 129 Kantong Daging Kurban

Terpisah, Polsek Tanjung Kemuning Polres Kaur Polda Bengkulu potong satu ekor sapi kurban. 129 kantong daging dibagikan kepada warga di Kecamatan Tanjung Kemuning. Kurban sapi berasal dari anggota Polsek Tanjung Kemuning. Pembagian daging diserahkan melalui Kades-Kades. Data penerima daging kurban diambil melalui desa sesuai dengan kriteria yang membutuhkan. Pemotongan kurban dipimpin langsung Kapolsek Tanjung Kemuning, Iptu Rabnus Supandri, S. Sos.

“Alhamdulillah, Polsek tahun ini bisa memotong hewan kurban berupa satu ekor sapi dari anggota. Pembagian daging ini diharapkan dapat menjaga silaturahmi antara kepolisian dengan masyarakat,” ujar Kapolsek, kemarin (31/7).
Dengan semangat ibadah, pelaksanaan tugas akan lebih maksimal. Bukan hanya mengejar karir namun juga menjaga ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa. Pemotongan hewan kurban melibatkan imam masjid dan tokoh agama. Menjalin komunikasi dalam merajut asa demi meningkatkan keakraban guna meningkatkan kerjasama dalam menciptakan kondusifitas lingkungan.
“Pelaksanaan kurban tahun ini diharapkan dapat menjalin komunikasi yang lebih baik antara keluarga besar Polsek dengan masyarakat. Sehingga, mampu bersinergi dalam menjaga ketertiban umum,” demikian Kapolsek.

Semua Warga Desa Terima Daging Kurban

Penyembelihan hewan kurban nyaris dilaksanakan serentak di berbagai pelosok daerah. Jumat (31/7) warga Desa Padang Leban Kecamatan Tanjung Kemuning 15 ekor hewan kurban. Dengan rincian, empat sapi dan 11 ekor kambing. Hewan kurban Desa Padang Leban merupakan yang terbanyak di Kecamatan Tanjung Kemuning. Usai salat Ied di lapangan bola kaki desa setempat, diteruskan dengan penyembelihan hewan kurban. Panitia membagi daging kurban ke seluruh warga tanpa terkecuali.
“Alhamdulillah, di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, warga Desa Padang Leban tetap mampu berkurban. Bahkan, jumlahnya meningkat dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini 15 ekor hewan kurban disembelih, sedangkan tahun lalu hanya 7 ekor terdiri dari dua sapi dan lima kambing,” ujar imam Masjid Al-Ikhsan, Hadi Yudiantara, kemarin (31/7).

Penyembelihan dilaksanakan serentak, panitia bekerja cepat mengingat akan melaksanakan salat Jumat berjamaah. Semua warga mendapat daging kurban tanpa ada yang tercecer. Niat kurban tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Bahkan, tahun ini terbanyak di Kecamatan Tanjung Kemuning yang memotong hewan kurban.

“Tahun ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya, ini terlihat dari jumlah hewan kurban yang disembelih,” paparnya.(ujr/xst)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here