Beranda Berita Utama Pelantikan Pemenang PSU Tidak Serentak

Pelantikan Pemenang PSU Tidak Serentak

121
0


BINTUHAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kaur memastikan akan menggelar pelantikan kepala desa (kades) terpilih pada Senin 5 April 2021. Persiapan pelantikan kades terpilih saat ini sudah rampung mulai dari lokasi pelantikan dan undangan ke Kades terpilih sudah dibagikan. Namun untuk pemenang pemungutan suara ulang (PSU) yang dilangsungkan Sabtu (3/4) ini, tidak serentak dengan 111 desa yang sudah ditetapkan sebelumnya. Pelantikan kades terpilih tiga desa yang menggelar PSU akan ditentukan setelahnya.

“Pelantikan untuk kades terpilih pemilihan ulang tunggu instruksi lanjut dari Dinas PMD Kabupaten Kaur,” terang tim Panitia Pilkades Kabupaten Kaur sekaligus Kabid Bina Pemerintah Desa Doni Raspino,ST menjelaskan ke Panitia Pilkades Datar Lebar 1 Kecamatan Lungkang Kule untuk pelantikan.

Sementara itu, logistik Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk tiga desa yaitu Desa Datar Lebar 1 Kecamatan Lungkang Kule dengan Cakades, Mil Aslan dan Dasrin. Desa Suka Merindu Kecamatan Semidang Gumay dengan Cakades A Karim dan Badrul Jamali serta Desa Durian Besar Kecamatan Luas dengan Cakades Isminirwan dan Sirat Judin.

“Untuk logistik tiga desa yang melangsungkan PSU saat ini sudah disalurkan. Sedangkan jumlah Surat Suara yang ada sebanyak 1.125 lembar dengan jumlah DPT tiga Desa tersebut 937,” kata Plt Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Adhar Cilas, M.Si Jumat (2/4).

Dikatakan Cilas, dalam penyaluran masih seperti tahapan sebelumnya. Logistik yang disalurkan langsung ke Panitia Kecamatan, selanjutnya panitia desa megambil logistik tersebut ke kecamatan masing-masing.

Lanjut Cilas, setelah nantinya PSU digelar dan telah diketahui pemenangnya panitia desa melakukan penetapan pemenang Pilkades masing-masing desa dan diserahkan ke panitia kecamatan dan diserahkan ke DPMD. Setelah seluruhnya tuntas selanjutnya akan dijadwalkan pelantikan Kades terpilih.

Kades Terpilih Dilantik 5 April
Adhar Cilas juga menyampaikan bahwa desa yang akan dilantik pada Senin (5/4) sebanyak 111 desa dari 115 desa yang menggelar pilkades serentak. Tiga desa akan menunggu hasil PSU. Sedangkan Desa Jawi yang sudah selesai melakukan hitung ulang, akan dijadwalkan setelah ada ketetapan dan PTUN Bengkulu. (cw1/ujr)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here