Beranda Berita Utama Pelanggar Prokes Terancam Kurungan hingga 1 Tahun

Pelanggar Prokes Terancam Kurungan hingga 1 Tahun

366
0
UJANG/RKa
BINCANG : Kapolres Kaur bersama Ketua PN Bintuhan berbincang terkait dengan aturan atau penegakan hukum pelanggar Prokes Covid-19, Senin (13/9).

RKa ONLINE, BINTUHAN – Sebagai bagian dari penegakan hukum (gakkum) terhadap pelanggaran protokol kesehatan (prokes) Covis-19, Polres Kaur memastikan akan menerapkan ancaman kurungan bagi pelaku pelanggar prokes. Pelanggar prokes terancam hukuman kurungan 4 bulan hingga 1 tahun penjara. Hal itu diatur di pasal 212, pasal 216 ayat (1) dan pasal 218 KUHP.

Penegasan itu sebagai upaya untuk menegakan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Covid-19. Untuk itu, Senin (13/9) Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH bersama perwira jajaran Polres Kaur berkoordinasi dengan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bintuhan Adil Hakim, SH, MH.

“Sambil silaturahmi sekaligus membincangkan tindakan hukum bagi pelanggar Prokes Covid-19. Alhamdulillah Ketua Pengadilan Negeri Bintuhan sangat mendukung dan siap berkolaborasi demi terwujudnya masyarakat yang sehat,” kata Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono,SIK,MH kepada Radar Kaur (RKa), usai pertemuan diruang kerja Ketua PN Bintuhan.

Kapolres menyampaikan sesuai dengan SE Bupati Kaur tentang PPPM, pelaksanaan pesta pernikahan maupun tempat-tempat hiburan sudah boleh dibuka. Tetapi wajib mematuhi Prokes Covid-19 dengan ketat serta waktu operasi dibatasi hingga pukul 22.00 WIB. Pelanggaran terhadap surat edaran itu akan dijerat dengan tindak pidana ringan.

Sementara Ketua PN Bintuhan sangat mendukung dalam proses penegakan hukum yang akan dilakukan oleh pihak Polres Kaur. Karena wabah Covid-19 saat ini masih terus ada dan harus bersama-sama kita lawan dengan mematuhi Prokes Covid-19. Karena kalau bukan kita siapa lagi dalam melawan Covid-19.

“Kita akan dukung penegakan hukum pelanggar Prokes Covid-19, dan dipastikan siapapun yang melanggar aturan kita akan tindak tanpa pandang bulu,” tutup Ketua PN. (ujr)

Berikut bunyi Pasal 212, 216, dan 218 KUHP:




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here