Beranda Berita Utama Patenkan Hak Cipta Batik Gurita

Patenkan Hak Cipta Batik Gurita

70
0
UJANG/RKa
DUDUK: Plt Sekrtaris Pariwisata bersma undangan duduk bersma dalam FGD motif batik gurita, Selasa (24/8)

RKa ONLINE, BINTUHAN – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Kaur, akan mematenkan hak cipta batik motif gurita milik Kabupaten Kaur. Sebelum pematenan hak cipta batik gurita, Selasa (24/8), Disparpora melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di K-Hotel Kecamatan Kaur Selatan. FGD ini dibuka oleh Plt Sekretaris Disparpora, Minarwan, S.Sos dan diikuti oleh para undangan dari berbagai pelaku kerajinan dan pengelola wisata.

“Kegiatan FGD untuk mengetahui atau mendengarkan masukan dan saran dari berbagai sumber dalam penentuan atau pematenan hak cipta motif batik gurita,” kata Plt Sekertaris Disparpora.

Dikatakannya, kegiatan ini untuk meminimalisir terjadinya pengklaim hak cipta. Nanti akan disimpulkan bahwa hak cipta motif batik gurita merupakan khas Kabupaten Kaur.

Lanjutnya, setelah nantinya sudah lengkap baik itu arti dari motif maupun bentuknya. Selanjutnya akan didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM RI. Dengan sudah didaftarkan motif batik gurita akan menjadi ciri khas Kabupaten Kaur dan tidak akan ada daerah yang mengklaim motif batik gurita.

Undangan diminta saran dan masukan serta asal usul agar arti motif batik gurita bisa disimpulkan dan akan dipatenkan. (ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here