Beranda Bengkulu Selatan Pasien Isolasi Tidak Dapat Bantuan

Pasien Isolasi Tidak Dapat Bantuan

42
0

RKa ONLINE, BENGKULU SELATAN (BS) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengungkapkan pasien terkonfirmasi wabah Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) maupun diisolasi di rumah sakit tidak mendapatkan bantuan sembako. Lantaran ketiadaan anggaran untuk pemberian sembako bagi pasien terkonfirmasi. BPBD BS juga mengatakan bahwa pemberian bantuan bagi pasien isolasi mandiri bukan ranah mereka.

Kepala BPBD BS, Yarusdi,S.Sos melalui Sekretaris Assilawati,M.Si mengakui sebelumnya pasien terkonfirmasi dan isolasi mandiri mendapatkan sembako dari Satgas Percepat Penanganan Covid-19. Namun, saat ini sembako dan makanan tidak diberikan lagi karena minim anggaran. Selain itu, pembagian sembako untuk pasien terkonfirmasi Covid-19 dan isolasi mandiri sudah menjadi ranah Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten BS.

“Pada saat rapat bersama, Dinsos dimandatkan untuk menangani bantuan bagi pasien isolasi mandiri,” ujarnya.

Lebih lanjutnya, pemberian sembako bukan tugas mereka. Meski begitu ia mengakui bahwa sembako untuk pasien isolasi mandiri memang sangat penting. Karena, pasien isolasi mandiri tidak dapat mencari rezeki sehingga harus mendapatkan bantuan pangan. Pihaknya berharap Pemerintahan Desa (Pemdes) bisa menganggarkan Dana Desa (DD) untuk pemberian bantuan kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

“Seharusnya Pemdes juga menganggarkan untuk sembako warga yang sedang menjalani isolasi. Agar kebutuhan pokok mereka di rumah bisa tercukupi,” ujar dia.(rjs)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here