Beranda Lintas Kecamatan Pantau Pencari Ikan Luar Desa

Pantau Pencari Ikan Luar Desa

41
0

MAJE – Pencari ikan dari luar Desa Penyandingan Kecamatan Maje jangan terkejut. Jika saat sedang mencari ikan di Sungai Sambat di desa ini akan didatangi warga setempat. Hal ini bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan. Sebab warga setempat akan menindak masyarakat mencari ikan dengan sentrum dan racun. Warga setempat selalu pantau siapa yang datang mencari ikan di wilayah desa mereka. Ini dibenarkan oleh Sekdes Penyandingan, Jumadi.

“Kami selalu mengawasi masyarakat yang datang untuk mencari ikan di sungai. Guna untuk memastikan tidak ada mencari ikan dengan alat yang dilarang,” sebutnya.

Hal ini dilakukan, sebut dia, supaya ikan di sungai desa mereka tidak punah. Selain itu jika sungai diracun akan menimbulkan dampak lain. Diantaranya akan membuat hewan ternak kena racun saat minum di sungai. Perlu diketahui sungai masih menjadi sumber utama aktivitas warga setempat. Karena warga desa mereka banyak yang mandi di sungai pagi dan sore hari. Mereka akan menindak jika ada masyarakat yang berani melakukan kegiatan illegal dalam mencari ikan.

“Bukan saja kami pemerintahan desa melakukan pemantauan pencari ikan dari luar desa. Warga lain ikut memberikan peransertanya. Bahkan anak – anak jika melihat ada orang menyentrum akan melaporkan. Terbukti beberapa tahun silam mereka berhasil menangkap penyentrum ikan dari laporan anak – anak,” sebutnya. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here