Beranda Lintas Kecamatan Padi Dipanen Sapi, Petani Sawah Gigit Jari

Padi Dipanen Sapi, Petani Sawah Gigit Jari

87
0
YUSMAN/RKa
GASAK: Sapi liar masuk area persawahan gasak tanaman padi yang menghijau, Jumat (4/9).

KELAM TENGAH – Lagi-lagi, petani sawah terduduk lemas akibat padi yang baru siap keluar tangkai ini dipanen sapi liar. Sekelompok sapi menggasak hamparan sawah yang menghijau dengan buas. Tak ayal, tanaman padi rusak dan terancam tidak menghasilkan gabah. Beruntung, aksi sapi ini cepat diketahui pemilik sawah. Sehingga, mengurangi tingkat kerusakan tanaman padi yang dialami pemilik sawah. Namun, serangan sapi ini tetap merugikan pemilik sawah. Masuknya hewan ternak ke area persawahan ini bukti nyata bahwa pemilik ternak belum menyadari untuk mengkandang ternak dengan baik.

“Harapan petani agar peternak dapat mengembalakan hewan peliharaannya dengan baik. Sehingga, tidak mengganggu tanaman, khususnya padi,” ujar Gupiman (37) warga Desa Sukarami I Kecamatan Kelam Tengah, Jumat (4/9).

Dikatakan Gupiman, diharapkan masyarakat peternak dapat memelihara ternak dengan baik. Setidaknya selama musim tanam hingga selesai panen. Meskipun, petani sawah sudah mengantisipasi dengan cara membuat pagar keliling diarea sawah. Namun, tetap saja ternak berhasil masuk dan menggasak tanaman. Kesadaran pemilik ternak untuk memelihara masih sangat kurang. Karena itu, demi menjaga ketertiban umum maka dibutuhkan aturan yang jelas agar dapat memberi sanksi terhadap peternak yang meliarkan hewan peliharaannya.

“Aturan ternak merusak tanaman harusnya diberlakukan. Selain memberi tanggungjawab pemilik ternak, aturan juga bisa meningkatkan kesadaran peternak untuk mengandangkan hewannya sesuai aturan main,” papar Gupiman.(xst)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here