Beranda Metropolis PAD Lamban, Tambak Baru Diukur

PAD Lamban, Tambak Baru Diukur

425
0
IST/RKa
UKUR : Petugas Dinas Perikanan (DP) Kabupaten Kaur melakukan pengukuran lahan tambak yang ada di Desa Pengubaian Kecamatan Kaur Selatan, Senin (26/7).

RKa ONLINE, BINTUHAN – Bupati dan wakil bupati Kaur masih harus lebih bersabar untuk mulai menerima Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi usaha perikanan sejak tahun 2021. Pasalnya Dinas Perikanan (DP) Kabupaten Kaur sebagai leading sektor masih cukup lamban untuk merealisasikan. Terbukti, mereka masih belum menyelesaikan proses pengukuran luas kolam per tambak udang, sebagai acuan nominal besaran retribusi.

Penarikan retribusi izin usaha perikanan ini merujuk pada perbup Perbup nomor 56 tahun 2021 sebagai petunjuk pelaksana Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Kaur nomor 9 tahun 2018 tentang retribusi izin usaha perikanan.

“Luas lahan tambak menentukan besaran PAD dari retribusi usaha perikanan. Nanti ditetapkan dalam Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD) sebagai pedoman dalam menentukan besaran retribusi yang harus dibayar oleh pemilik lahan tambak sesuai dengan Perbup,” kata Plt Kadis Perikanan Lianto, SP melalui Kasi Perizinan Usaha dan Investasi Perikanan Elyan Jumedi.S.Pi.MSi, Senin (26/7).

Dikatakan Elyan, sesuai perda bahwa PAD akan diambil dari luas lahan tambak. Satu hektar tambak wajib membayar PAD Rp 8 juta pertahun. Sedangkan dari data awal untuk jumlah tambak udang yang ada di Kabupaten Kaur berkisar 62 hektar lebih dengan begitu untuk memastikan jumlah luas lahan tambak petugas akan turun kelapangan dan akan melakukan pengukuran.

Lanjut Kasi, dihari pertama pengukuran lahan tambak dilakukan di tiga lahan tambak yang ada di Kecamatan Kaur Selatan. Pengukuran lahan tambak akan dilakukan di Kecamatan Kaur Selatan, Tetap dan Kaur tengah selanjutnya Kecamatan Maje dan Nasal.

“Pengukuran lahan tambak untuk memastikan luas lahan tambak sebelum ditetapkan besaran PAD masing-masing tambak yang beroperasi di Kabupaten Kaur,” tutup Kasi. (ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here