Beranda Lintas Kecamatan PAD dari Sektor PKB Baru Rp 3,5 Miliar

PAD dari Sektor PKB Baru Rp 3,5 Miliar

74
0


IST/RKa
SAMLING : Petugas Samling saat memberikan pelayanan kepada wajib pajak yang melakukan pembayaran PKB-nya di wilayah Kecamatan Muara Sahung.

RKa ONLINE, BINTUHAN – Terhitung hingga bulan Juli 2021, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan tunggakan di Kabupaten Kaur baru di angka Rp 3,5 miliar. Ini dilihat dari data yang ada di Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelola Pendapatan Daerah (UPTD-PPD) Samsat Kaur, Kamis (26/8).

Kepala UPTD-PPD Kaur, Sukardi, SH, M.Hum pada wartawan Radar Kaur (RKa) mengatakan, per bulan Juli ini khusus kendaraan Roda Dua (R2) yang ada di Kabupaten Kaur melakukan pembayaran pajak ada 6.967 kendaraan. Padahal, potensi jumlah kendaraan R2 mencapai 20 ribu kendaraan atau bahkan lebih.

“Sekarang sudah masuk di penghujung bulan Agustus. Tinggal menyisahkan empat bulan lagi hingga akhir tahun 2021. Sedangkan wajib pajak khusus roda dua yang melakukan pembayaran PKB belum setengah dari jumlah keseluruhan kendaraan R2 yang ada di Kabupaten Kaur,” beber Sukardi.

Menurutnya, untuk sementara ini data bulan Agustus memang belum direkap di Samsat. Lantaran, di bulan ini masih menyisahkan setidaknya enam hari lagi. Pada awal bulan depan jumlah yang diperoleh pada bulan Agustus sudah ada. Dan diharapkan PAD dari sektor pajak PKB pada bulan ini bisa lebih meningkat dari angka sebelumnya.

Ditambahkan Sukardi, masyarakat bisa memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan khsusus R2 program Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah hingga Desember mendatang. Selain itu, bagi wajib pajak yang enggan datang ke kantor Samsat, bisa mendatangi petugas Samsat Keliling (Samling) setiap minggu yang terus keliling di kecamatan yang ada di Kaur.

“Masyarakat khususnya yang mempunyai kendaraan sebaiknya segera melakukan pembayaran PKB-nya sebelum jatuh tempo. Sehingga PAD yang diperuntukan belanja daerah ini bisa dimanfaatkan ke depannya. Apalagi saat ini ada program pemutihan pajak R2 dari Gubernur Bengkulu,” tandas Sukardi. (roh)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here