Beranda Lintas Kecamatan Ojek Kopi di Lokasi TNBBS Mulai Ramai

Ojek Kopi di Lokasi TNBBS Mulai Ramai

51
0

NASAL – Dengan telah memasuki musim panen kopi. Kini ojek kopi di dalam Taman Nasional Bukit Barisan Selatasn (TNBBS) mulai tamai beraktivitas. Setiap hari sudah mulai ada turun membawa biji kopi yang sudah kering. Mereka menuju rumah toke yang menjadi langganan pemilik kopi. Untuk ongkos ojek biji kopi dari dalam TNBBS bervariasi. Tergantung asal barang yang dibawa. Ada yang ongkosnya Rp 1000/kilogram (Kg). Ada yang lebih, ada juga yang lebih murah.

“Memang kini sudah mulai banyak ojek dari kawasan membawa kopi. Hanya saja siapa pemilik kopi yang dibawa itu kami tidak tahu,” ujar Sihardin (64) warga Desa Suka Jaya Kecamatan Nasal.

Lanjutnya, ada juga diantara kopi yang dibawa dari dalam kawasan dijual di toke Dusun Sedoarjo Desa Merpas. Sehingga yang turun tidak seberapa banyak. Pemadangan ini memang terjadi saat musim kopi. Bahkan bukan saja ojek kopi yang mulai banyak. Masyarakat pemilik kebun juga sudah mulai berdatangan ke kebun mereka.

“Persoalan pembuatan kebun di TNBBS saya yakin tidak bisa diatasi secara maksimal. Buktinya, sudah dua kali dilakukan penurunan perambah. Tapi hasilnya tidak sesuai harapan. Karena ini menyangkut niat hidup masyarakat dalam mencari rezeki,” ungkap dia. (mrn)





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here