Beranda Bengkulu Selatan ODGJ Dipasung Masih Banyak

ODGJ Dipasung Masih Banyak

47
0

BENGKULU SELATAN (BS) – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) di ketahui masih banyakdi pasung oleh keluarganya masing-masing. Lantaran, khawatir merusak atau menggangu masyarakat di sekelilingnya. Dari data yang didapat oleh Dinas Sosial (Dinsos) ODGJ yang di pasung oleh pihak keluarganya di Kabupaten BS lebih kurang sebanyak lima orang.

“Untuk ODGJ yang di pasung masih cukup banyak kurang lebih lima orang yang tersebar di Kabupaten BS dari pantauan. Mereka ini di pasung karena dikhawatirkan pergi jauh ataupun mengganggu orang di sekitar,” ungkap Plt Kepala Dinsos BS, Didi Ruslan melalui Kasi Penyandang Disabilitas, Agus Suharto, S.IP.

Lanjutnya, beberapa waktu yang lalu pihaknya sudah mengevakuasi ODGJ yang dipasung di Kecamatan Bunga Mas. Sedangkan, ODGJ yang dipasung di wilayah lainnya akan segera dievakuasi untuk dibawa ke rumah sakit jiwa Bengkulu. Dikatakan, ODGJ yang dipasung oleh pihak keluarga masih banyak ditemui di beberapa wilayah di Kabupaten BS. Saat ini tercatat hanya sebagian yang masih dipasung oleh pihak keluarganya. Padahal, tindakan memasung itu tidak diperbolehkan lagi karena, hal itu merupakan penyiksaan terhadap manusia.

“Ya, setiap kita mengevakuasi ODGJ yang dipasung kita terus memberikan penjelasan kepada mereka. Agar tidak melakukan pemasung karena, sifatnya itu menyiksa,” jelasnya.

Ditambahnya, kepada masyarakat Kabupaten BS dirinya meminta untuk memberi tahu Dinsos apabila, melihat ODGJ yang di pasung oleh pihak keluarganya. Karena, saat ini pemasungan tidak diberlakukan lagi. Jika masih ditemukan ODGJ yang di pasung maka pihaknya akan segara mengevakuasinya ke rumah sakit gangguan jiwa di Bengkulu.(rjs)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here