Beranda Berita Utama Nekat Mudik, Siap-siap Putar Balik

Nekat Mudik, Siap-siap Putar Balik

327
0


UJANG/RKa
SALAM PRESESI : Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH, Plt Asisten 1 Pemda Kaur Robi Antomi, S.Pi, Pabung Kapten Inf Hendri Marpaung dan peserta rapat lintas Sektor pengamanan Idul Fitri, foto bersama dengan salam presesi, Rabu (28/4).

RADARKAUR.ID – Guna persiapan operasi Ketupat Nala 2021 menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H, Polres Kaur menggelar rapat lintas sektor, Rabu (28/4). Sedikitnya 110 personel gabungan Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan BPBD, terlibat dalam operasi.

“Membahas bersama-sama upaya mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran. Dan sesuai dengan aturan yang ada, tidak ada masyarakat yang nekat melakukan mudik lebaran tahun 2021. Untuk menghindari lonjakan Covid-19,” ungkap Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH.

Untuk personel, lanjutnya, telah disiapkan 110 petugas gabungan menghadang para pemudik yang nekat ingin mudik lebaran. Rapat juga membahas tentang persiapan penyekatan batas wilayah dalam mengantisipasi warga yang melakukan mudik lebaran.

Sebab, pembatasan atau pemeriksaan bagi angkutan umum maupun mobil pribadi yang akan melakukan mudik lebaran akan diberlakukan pada 6-17 Mei 2021. Sedangkan untuk Posko pemeriksaan kendaraan didirikan di perbatasan Lampung dan Kabupaten Kaur.

Apabila ada masyarakat yang nekat melakukan mudik, dipastikan mobil tidak akan bisa lewat dan akan diputar balik. Selain itu, untuk melaksanakan tugas tersebut, bukan hanya dari kepolisan, tetapi seluruh mitra di jajaran Pemda Kaur.

Sementara Plt Asisten 1 Pemda Kaur, Robi Antomi, S.PI mengatakan, aturan yang dibuat tentunya untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19, khususnya di Kaur. Dengan begitu, seluruh OPD yang telah ditunjuk dalam menjalankan tugas untuk senantiasa mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Mulai dari personil hingga perlengkapan.

Menurut Plt Asisten I, kasus Covid-19 secara nasional di Indonesia saat mengalami peningkatan yang luar biasa. Sehingga pemerintah kembali melakukan larangan mudik bagi masyarakat. Hal ini semata-mata untuk memutus mata rantai peredaran Covid-19 di Indonesia.

Kabag Ops Polres Kaur AKP Fakhrul Ikhwan, SH merinci jumlah personel yang terlibat dalam Operasi Ketupat Nala tahun 2021. Yakni 50 personel Polri, 12 prajurit TNI dan instansi lain yang terdiri dari Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Satpol PP dan Damkar dan lainnya sebanyak 48 personel.

Dalam melakukan penjagaan, personel dibagi dan bergantian. Sedangkan untuk Pospam dibangun dua titik, yaitu perbatasan Lampung dan Kaur serta di Polsek Nasal. Sedangkan untuk wisata, sejauh ini belum ada larangan dan kemungkinan akan tetap dibuka. Tetapi hannya untuk warga lokal. Dengan begitu, maka dalam mengantisipasi adanya masyarakat melakukan mudik, harus bekerja ekstra dan jangan sampai petugas kecolongan. Serta bagi OPD agar tidak memberikan izin keluar daerah bagi pejabat maupun ASN.

“Mudah-mudahan dengan persiapan yang ada, pencegahan mudik lebaran bisa berjalan aman dan lancar. Serta masyarakat bisa paham dan mematuhi aturan yang ada. Hal ini semata-mata untuk mengantisipasi peredaran Covid-19,” demikian Kabag. (ujr)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here