Beranda Berita Utama Nasionalisme di Masa Pandemi, Ayo Kibarkan Merah Putih

Nasionalisme di Masa Pandemi, Ayo Kibarkan Merah Putih

243
0

RKa ONLINE, BINTUHAN – Bulan Agustus merupakan bulan yang penuh sejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pada tanggal 17 bulan kedelapan ini, Bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI. Tak jauh berbeda seperti tahun 2020 lalu, peringatan HUT RI ke-76 tahun 2021 akan kembali dilaksanakan dalam kondisi darurat pandemi Covid-19. Upacara bendera di lapangan akan ditiadakan, sebagaimana anjuran protokol kesehatan (prokes) karena berpeluang menciptakan kerumunan.

Meski selama dua kali berturut-turut peringkatan hari kemerdekaan dilakukan dalam kondisi terbatas. Dua tokoh wanita dalam pendidikan di Kabupaten Kaur, Julita, M.Pd dan Desminiarti, S.Pd mengharapkan, agar tak mempengaruhi rasa nasionalisme didalam diri. Perwujudan dari sikap tersebut adalah dengan dengan mengibarkan Sang Saka Merah Putih selama bulan Agustus.

“Memang pandemi telah membawa beberapa perubahan, salah-satunya dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI. Kalau sebelum pandemi momen ini kita sambut dengan penuh kegembiraan. Sejak pandemi hal tersebut untuk sementara belum bisa dilakukan. Namun, hendaknya hal ini tak berlaku pada rasa nasionalisme kita sebagi bangsa Indonesia. Bendera Merah Putih tetap harus berkibar bagaimana pun keadaan nya,” ungkap Julita yang juga Kepala MTsN 1 Kaur, Minggu (1/8).

Senada dengan Julita, Desminiarti yang juga mengemban amanah sebagai Kepala SDN 1 Kaur mengatakan, ditengah suasana pandemi covid-19, rasa nasionalisme didalam diri hendaknya kian ditingkatkan. Selama pandemi covid-19, diperlukan tindakan yang bernilai kepahlawanan seperti semangat pantang menyerah, semangat pengorbanan, dan mengutamakan kepentingan bangsa.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here