Beranda Berita Utama Nasib Kades Incumbent, Bertahan atau Tersingkir?

Nasib Kades Incumbent, Bertahan atau Tersingkir?

488
0

RKa ONLINE, NASAL – Empat desa di Kecamatan Nasal dan sembilan desa di Kecamatan Maje akan melaksanakan pemilihan Kades (Pilkades) 9 Desember 2021. Di kalangan masyarakat mulai muncul berbagai prediksi tentang hasil pemilihan yang akan datang. Terutama menyangkut hasil yang akan didapat oleh calon incumbent. Bertahan atau Tersingkir?

Ada kalangan yang mengatakan kades incumbent banyak yang akan tersingkir, hal itu mengacu pada hasil pilkades awal 2021 lalu. Meskipun memiliki “bahan bakar” melimpah, namun nyatanya masih tersingkir. Hal ini karena tingkat kepuasan warga akan sistem pemerintahan yang dianggap kurang transparan. Bahkan, dianggap warga desa mereka terjadi kemunduran dalam pembangunan.

Meskpin begitu ada juga yang mengatakan bahwa calon incumbent masih akan memimpin desa masing-masing. Kekuatan finansial dianggap masih menjadi faktor penentu.

“Calon incumbent rata-rata mengandalkan kekuatan finansial mereka. Uang itu didapat dari menjabat selama 6 tahun sebelumnya. Dan itu kelihatannya akan dihamburkan lagi pada pilkades nanti, untuk mendulang suara. Karena kalau melihat pembangunan, ya biasa saja. Sebab siapapun bisa kalau hanya sekedar membangun fisik, karena uangnya setiap tahun dikucurkan oleh pemerintah. Apalagi arah pembangunan yang dituju hanya ke lokasi lahan pertanian atau perkebunan miliknya, orang tua atau kerabatnya, kalau itu berupa jalan,” urai salah seorang warga Desa Pasar Baru Kecamatan Nasal, meminta namanya jangan disebutkan.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here