Beranda Pendidikan MTsN 1 Kaur Bentuk Tiga Kelas Unggulan

MTsN 1 Kaur Bentuk Tiga Kelas Unggulan

96
0


RKa ONLINE, BINTUHAN – Meski saat ini kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di MTsN 1 Kaur diliburkan hingga 13 Juli mendatang. Tim kurikulum di madrasah yang kini dipimpin Kepala Madrasah (Kamad) Julita, M.Pd.I tesebut, tengah menyiapkan bahas tes, pembagian kelas unggulan bagi peserta didik kelas VII yang baru saja bergabung. Layaknya sistem pendidikan pesantren, kelas peserta didik laki-laki akan ditempatkan terpisah peserta didik perempuan.

Terdapat tiga pembagian kelas bagi siswa kelas VII yang baru saja bergabung di Tahun Ajaran (TA) 2021/2022, yakni kelas unggulan akademik dan Al-Qur’ an, kelas khusus Al-Qur ‘an, dan kelas reguler. Untuk materi tes terdiri atas pengetahuan umum, tes dan teori praktek ibadah, serta pemahaman kitap suci Al-Qur ‘an.

“Ini merupakan kegiatan yang akan kami lakukan ketika kembali aktif sekolah nanti. Karenanya saat ini tim kurikulum di madrasah kami tengah melakukan persiapan hal tersebut. Meningkat minat saing dalam diri peserta didik juga menjadi tujuan dari hal ini,” sampai Julita, Selasa (22/6).

Lanjutnya, untuk tes pengetahuan umum, peserta didik kelas VII diminta mengerjakan soal mata pelajaran (Mapel) umum, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Ingris, dan beberapa mapel lain. Sedang untuk tes teori dan praktek ibadah siswa diminta melafalkan dan melakukan praktek ibadah dalam agama Islam, misalnya shalat. Kemampuan membaca Al-Qur’an yang sesuai dengan ilmu Tajwid juga menjadi penilaian untuk masuk dalam kelas unggulan.

“Syarat minimal untuk bisa masuk kelas unggulan yakni bisa shalat dan bisa mengaji. Kalau ada hapal beberapa Juz Al-Qur ‘an juga menjadi poin penilaian tambahan,” tutup Julita. (yie)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here