Beranda Lintas Kecamatan MTQ Luas Diikuti 285 Peserta

MTQ Luas Diikuti 285 Peserta

42
0
IST/RKa
FOTO BERSAMA: Kepala KUA Luas dan Ketua Panitia MTQ Luas foto bersama tamu undangan, Kamis (1/4).

LUAS – Musabaqoh tilawatil quran (MTQ) di Kecamatan Luas tahun 2021 diikuti 285 peserta. Peserta ini berasal dari 12 desa di Kecamatan Luas. Acara ini dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Luas selama tiga haru (1-3 April). Acara dipusatkan di Desa Pulau Panggung. Adapun cabang MTQ yang dilaksanakan yakni, tilawah quran, hifzil quran, adzan, morattal, pidato da’i cilik (Pidacil), syarhil quran, fahmil quran, dan rabana. Mayoritas peserta MTQ di semua cabang adalah pelajar.

Kepala Kementrian Agama (Kakemenag) Kabupaten Kaur, Mansyahri, S.Ag, MH.I melalui Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, Drs. Herli Suheri mengatakan, dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kaur. Sampai saat ini baru dua kecamatan yakni, Padang Guci Hilir dan Luas yang telah menggelar MTQ.

“Kami berharap kegiatan MTQ telah dilaksanak dua kecamatan ini dicontoh oleh kecamatan lainnya. Karena kegiatan seperti ini akan menimbulkan dampak yang baik generasi muda,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala KUA Luas, Wislansyah, SE mengakui, bahwa acara telah dibuka Kamis (1/4). Acara pembukaan berjalan lancar. Dia juga optimis kegiatan ini akan berjalan sesuai harapan. Sebab, semua masyarakat mendukung apa yang mereka laksanakan. Perlu diketahui, dari sembilan cabang yang dilaksanakan. Ada satu cabang yakni, tilawah quran terbagi dua katagori, remaja (putra dan putri) dan anak – anak (putra dan putri).

“Alhamdulillah pembukaan MTQ Kecamatan Luas berjalan baik. Kegiatannya dilakulan selama 3 hari ini bagian evaluasi hasil pembinaan yang dilakukan Penyuluh Agama Islam (PAI) non-PNS,” sampainya pada RKa, Jumat (2/4).

Lanjutnya, lomba yang digelar untuk makin menumbuhkan minat untuk belajar tentang agama Islam remaja. Selain itu Kaur akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Bengkulu. Sehingga kegiatan ini adalah bagian persiapan Kecamatan Luas.

“Kami berharap kegiatan ini akan menumbukan minat belajar generasi muda akan belajar agama. Sehingga mereka akan menjadi generasi yang beriman dan memiliki ilmu pengetahuan,” kata Wislan. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here