Beranda Lifestyle Kesehatan Mengatasi Susah BAB

Mengatasi Susah BAB

107
0

ORANG mungkin mengalami sembelit karena makanan yang mereka makan atau hindari.

Pilihan gaya hidup mereka, obat-obatan yang mereka minum, atau kondisi medis yang mereka miliki. Ada banyak cara alami untuk membantu meredakan sembelit. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Makanan berserat tinggi

Diet kaya serat membantu menambah massa dan berat pada feses, melembutkannya dan merangsang pergerakan usus. Seperti yang disarankan para ahli kesehatan, orang dewasa harus mendapatkan 25 gram hingga 31 gram serat sehari.

Menambahkan makanan berserat tinggi ke dalam pola makan bisa melancarkan buang air besar. Beberapa makanan berserat tinggi yang bisa ditambahkan ke dalam menu makanan antara lain ubi jalan, wortel, brokoli.

2. Minum air hangat

Tetap terhidrasi bisa membantu melunakkan feses dan memudahkan buang air besar. Jadi, minum air panas secara teratur membantu menjaga pergerakan usus. Meskipun minum normal atau dingin juga bisa membantu, ini tidak seefektif air panas yang bisa membuat segalanya bergerak sangat cepat.

Minum segelas air panas di pagi hari, sebelum memulai hari. 3. Hindari terlambat makan Para ahli kesehatan menunjukkan salah satu cara untuk tidak memiliki waktu yang sulit di toilet adalah menghindari makan terlalu larut. Sebagian besar makanan membutuhkan waktu beberapa jam untuk dicerna dan saat tidur, proses pencernaan melambat.

Menyebabkan makanan yang tidak tercerna tinggal di saluran pencernaan lebih lama. Selain membatasi pergerakan usus, makan terlalu dekat dengan waktu tidur juga bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung. 4. Minum jahe segar Cara lain untuk menyelesaikan BAB dengan cepat tanpa lelah adalah menambahkan jahe segar ke dalam segelas air di pagi hari.

Karena jahe bersifat anti-inflamasi, ramuan ini bisa membantu perut berkontraksi, memudahkan pergerakan usus. Anda bisa menambahkan sepotong jahe baik diparut atau dicincang ke dalam segelas air hangat, dan meminumnya segera setelah bangun tidur. 5. Tambahkan lebih banyak cairan Memasukkan cairan ke dalam makanan adalah cara terbaik untuk buang air besar lebih baik.

Smoothie, jus, dan kaldu bisa membantu membuang kotoran dari tubuh. Buat smoothie hijau atau jus buah, sup, semur ke menu makan malam untuk hidrasi dan pencernaan yang lebih baik.(genpi/jpnn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here