Beranda Berita Utama Mayoritas Diikuti Petahana Kades, Yakin Dana 1,2 M Tersedia

Mayoritas Diikuti Petahana Kades, Yakin Dana 1,2 M Tersedia

766
0

RKa ONLINE, BINTUHAN – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 65 desa yang diwacanakan akan digelar Desember 2021 diyakin akan terwujud. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kaur telah memperkirakan kebutuhan dana untuk menggelar pilkades ada diangka kisaran Rp 1,2 miliar. Kebutuhan dana itu diyakini akan bisa tercapai, mengingat mayoritas desa yang menggelar pilkades akan kembali diikuti oleh calon petahana atau calon yang sedang menjabat. Dengan pengecualian kades yang sudah menjabat selama 2 periode.

Menurut data, dari 65 kepala desa itu, 23 kades akan berakhir masa jabatan bulan Oktober 2021, 21 kades berakhir Bulan Nopember dan 21 kades berakhir pada Bulan Desember 2021. Sehingga penganggaran pilkades yang sebagian dibebankan ke desa akan tergantung dengan kades petahana tersebut.

Kades petahana hampir dipastikan tidak akan melepas kesempatan ini untuk menjabat kembali. Apalagi peluangnya sangat besar. Dibeberapa desa struktur pemerintah desa bahkan hingga Badan Pemusyawatan Desa (BPD) telah dikondisikan sedemikian rupa untuk melancarkan hasratnya kembali berkuasa.

Plt Kadis PMD Kaur, Asdyarman,S.Sos mengatakan bahwa anggaran 1,2 M tersebut tidak termasuk untuk pembelian kotak suara. Karena kotak suara masih bisa digunakan kotak suara yang lama.

“Anggaran Pilkades telah diajukan di perubahan anggaran. Apabila nantinya disetujui maka pelaksanaan Pilkades akan dilaksanakan akhir Desember 2021,” kata Asdyarman.

Dikatakan Kadis, anggaran yang dibutuhkan dalam pelaksanaan Pilkades mulai dari honor panitia pelaksana, cetak surat suara, Alat Pelindung Diri (APD) panitia Pilkdesa dan lainnya. Sehingga setiap desa rencana dianggarkan masing-masing Rp 5 juta. Dengan anggaran sudah diusulkan apabila nantinya telah terakomodir maka pelaksanan Pilkdes Desember 2021 akan terlaksana.(ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here