Beranda Berita Utama Matangkan Sirekap, 75 PPK Bimtek

Matangkan Sirekap, 75 PPK Bimtek

208
0
UJANG/RKa
BIMTEK : Peserta serius mengikuti Bimtek yang digelar KPU Kaur, Rabu (2/12)

BINTUHAN – Untuk mematangkan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil suara dengan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap), 75 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kaur diberi Bimbingan Teknis (Bimtek). Bimtek berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (1-2/9). Bimtek n untuk mematangkan kesiapan PPK se-Kabupaten Kaur dalam bertugas. Mulai dari pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil suara.

“Bimtek anggota PPK dilaksanakan selama dua hari. Supaya PPK lebih paham dan lebih siap paham menjalankan tugasnya,” ungkap narasumber Bimtek, Komisioner KPU Divisi Teknis Irpanadi, S.IKom, Rabu (2/12).

Dengan adanya Bimtek, diharapkan PPK lebih siap dalam menjalankan tugas.Mulai dari adanya hal baru di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat pemungutan suara, seperti pemilih wajib menggunakan masker, mencuci tangan dan menggunakan sarung tangan sekali pakai.

Selain itu, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) wajib membuat bilik khusus setiap TPS. Untuk melayani pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat. Secara berkala, KPPS wajib melakukan penyemprotan area TPS.

Materi yang disampaikan dan ditekankan kepada PPK mengenai Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Karena Pilkada 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya. KPPS nantinya selalu meminta agar pemilih menjaga jarak.

Ditambahkan Irpan, selain mengenai tata cara pencoblosan di masa pendemi Covid-19, PPK juga diberikan Bimtek tentang penggunaan Sirekap. UJntuk membantu proses penghitungan dan alat bantu publikasi. Sehingga transparan serta menimalisir kesalahan dalam catatan penyalinan hasil penghitungan nantinya.

“Dengan Bimtek yang dilaksanakan, seluruh PPK bisa lebih memahami aplikasi Sirekap,” demikianIrpanadi.(ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here