Beranda Berita Utama Yang Ter Matahari Terbit dari Utara

Matahari Terbit dari Utara

33
0

FENOMENA alam berupa kemunculan mentari kali ini cukup unik. Sebuah rekaman video berdurasi 3 menit 23 detik merekam aktivitas matahari yang terbit di posisi utara. Bukan di bagian timur sebagaimana lazimnya.

Video itu direkam seorang pegawai sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Kamis pagi, 17 Juni 2021.

“Terjadi satu keanehan. Saya kata keanehan karena belum saya melihat di mana yang jadi kebiasaan matahari pagi terbit di sebelah timur, tapi sekarang baru menjelang jam 08.00 ternyata matahari sudah berada pada posisi utara,” terdengar suara seorang lelaki dalam video tersebut yang merekam langsung kondisi pancaran matahari.

Video itu sangat cepat tersebar di grup aplikasi percakapan WhatsApp dan media sosial Facebook, sehingga menjadi perbincangan masyarakat di jagad mayat.

Pihak BMKG sendiri mengaku telah memantau fenomena alam tersebut. BMKG menyebut hal itu merupakan sesuatu lumrah atau normal terjadi pada setiap tahunnya. Fenomena tersebut biasanya disebut Gerak Semu Matahari (GSM).

GSM merupakan suatu fenomena alam di mana kedudukan matahari seperti bergerak/bergeser ke utara dan selatan. Fenomena GSM ini terjadi setiap tahun. Untuk kondisi saat ini matahari sedang bergerak/bergeser ke utara dan puncak kedudukannya di utara yaitu pada 21 Juni 2021.

Hal ini terjadi akibat dari pergerakan bumi yang mengelilingi matahari atau biasa disebut revolusi bumi sehingga posisi dari matahari seakan-akan terlihat terbit di utara.(**)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here