Beranda Politik dan Hukum Masyarakat Butuh Politik Santun

Masyarakat Butuh Politik Santun

143
0

NASAL – Perbedaan dukungan di Pilkada Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Kaur hal yang wajar. Namaun jangan sampai menimbulkan perpecahan di masyarakat. Karena itulah tim sukses (Timses) harus memperlihatkan ke masyarakat cara politik santun. Hal ini harus dilakukan untuk kebaikan. Bahkan, dengan cara ini akan menimbulkan simpatik masyarakat terhadap Timses dalam menarik dukungan.

Tokoh masyarakat Desa Muara Dua Kecamatan Nasal Harmoko (63) mengatakan, bagi mereka masyarakat kecil kesantunan dalam menarik simpati adalah hal yang mendasar. Sebab mereka adalah masyarakat yang masuk kategori pemilih menengah ke bawah. Sehingga etika adalah hal yang penting untuk memberikan keyakinan dalam menyampaikan pendukungan.

“Kami ini masyarakat di desa jauh dari kota kecamatan dan kabupaten. Tidak paham dengan dunia internet dan teknologi modern. Jadi tata cara menyampaikan adalah menjadi tolak ukur yang penting,” sebutnya.

Terpisah warga Dusun Sedoarjo Desa Merpas Hidayat (43) mengakui, kini sudah mulai banyak Timses yang datang ke daerah mereka. Untuk mencari dukungan dari masyarakat terhadap kandidat tertentu. Sejauh ini belum ada yang menyampaikan secara vulgar tentang isu politik. Menurut dia, untuk mencari dukungan memang Timses harus mengedepankan cara yang sopan.

“Tidak perlu saling menjatuhkan antara Timses. Cukup sampaikan program kandidat yang mereka dukung. Sehingga membuat masyarakat yakin, sebab cara itu lebih baik. Ketimbang menjelek – jelekan kandidat lain,” ujar dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here