Beranda Berita Utama Yang Ter Masjid Tertua & Bersejarah di Indonesia

Masjid Tertua & Bersejarah di Indonesia

43
0

1. Masjid Saka Tunggal Banyumas
Lokasi: Desa Cikakak, kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, provinsi Jawa Tengah

Didirikan pada 1288, masjid tertua di Indonesia ini sangat erat dengan perjalanan sejarah persebaran ajaran Islam di Cikakak oleh tokoh penyebar Islam, Mbah Mustolih pada era Kesultanan Mataram Kuno. Keunikan lain yang dimiliki oleh Masjid Saka Tunggal Banyumas adalah bangunannya yang hanya ditopang oleh satu tiang peyangga tungal.

2. Masjid Wapauwe
Lokasi: Kaitetu, Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku

Dari segi ukuran, mungkin masjid paling tua di Indonesia bagian timur ini terlihat sangat sederhana. Masjid Wapauwe yang dibangun pada 1414 ini memiliki ukuran 10×10 meter dan terbuat dari gaba-gaba atau pelepah sagu dengan atap rumbia. Keberadaan dari masjid tertua di Indonesia ini merupakan saksi sejarah persebaran ajaran Islam di kepulauan Maluku. Selain usia masjid bersejarah di Indonesia ini yang sangat tua, konon di Masjid Wapauwe ini juga terdapat Mushaf Alquran tertua di Indonesia, lho!

3. Masjid Sunan Ampel
Lokasi: Jl. Petukangan I, Ampel, Kec. Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur 60151

Masjid tertua di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Sunan Ampel yang berada di Jawa Timur. Didirikan oleh Raden Achmad Rachmattulah pada 1421, masjid bersejarah di Indonesia ini memiliki arsitektur perpaduan antara Jawa kuno dan sentuhan nuansa Arab.

4. Masjid Agung Demak
Lokasi: Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59511

Masjid Agung Demak adalah bangunan masjid tertua dan bersejarah di Indonesia yang sangat erat keberadaannya dengan sejarah persebaran ajaran Islam di Nusantara. Masjid yang diperkirakan dibangun oleh Raden Patah yang merupakan Sultan pertama dari Kesultanan Demak pada abad ke-15 ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para Wali Songo di masa itu.

Selain itu, masjid bersejarah di Indonesia satu ini dianggap sebagai cikal bakal arsitektur masjid dengan atap limas bersusun yang hingga kini masih banyak ditemukan di masjid-masjid yang ada di Nusantara.

5. Masjid Agung Sang Ciptarasa
Lokasi: Jl. Kasepuhan No.Komplek, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114

Dibangun pada 1478, masjid bersejarah di Indonesia ini dipercaya sebagai masjid tertua di Cirebon. Berada di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, Cirebon, dalam pembangunannya, Sunan Gunung Jati menunjuk Sunan Kalijaga sebagai arsitek dari masjid ini.

Kemudian, Sunan Gunung Jati juga memboyong Raden Sepat, arsitek dari Majapahit yang menjadi tawanan perang Demak-Majapahit, untuk membantu Sunan Kalijaga merancang bangunan masjid bersejarah di Indonesia satu ini.

6. Masjid Sultan Suriansyah
Lokasi: Jl. Kuin Utara, Kuin Utara, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70127

Sesuai dengan namanya, masjid tertua di Indonesia selanjutnya dibangun oleh Sultan Suriansyah, Raja Banjar pertama yang merupakan pemeluk agama Islam di Kalimantan Selatan menjadikannya sebagai masjid tertua yang ada di daratan Kalimantan saat ini.

Arsitektur dari Masjid Sultan Suriansyah yang dibangun pada 1526 ini memiliki gaya tradisional khas Banjar dengan atap tumpang tindih dan bagian mihrabnya memiliki atap yang terpisah dari bangunan utamanya.

7. Masjid Menara Kudus
Lokasi: Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59315

Masjid Menara Kudus adalah masjid bersejarah di Indonesia yang dibangun oleh pada 1549. Keunikan dari masjid bersejarah satu ini adalah arsitektur bangunannya yang memiliki gaya layaknya sebuah candi yang merupakan gambaran perpaduan budaya Hindu yang sangat kental pada masa itu dengan budaya Islam. Keunikan inilah yang menjadikannya sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia yang sangat populer dan ikonik.

Dikenal juga dengan sebutan Masjid Menara, masjid tertua di Indonesia satu ini memiliki nama resmi “Masjid Al Aqsa Manarat Qudus”.

8. Masjid Agung Banten
Lokasi: Komplek masjid agung Banten RT/RW 001/011, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten 42191

Berdiri sejak 1552 menjadikan Masjid Agung Banten sebagai masjid tertua yang ada di Banten sekaligus salah satu masjid tertua dan bersejarah yang ada di Nusantara. Pembangunan masjid yang tampil khas dengan arsitketurnya dengan bangunan utama bertumpuk lima layaknya pagoda ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin.

9. Masjid Mantingan
Lokasi: Mantingan, Kec. Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59421

Masjid Mantingan adalah masjid bersejarah di Indonesia lainnya yang menjadi salah satu pusat aktivitas penyebaran agama Islam di pesisir utara Pulau Jawa. Dibangun oleh Kesultanan Demak pada 1559, salah satu masjid paling tua di Indonesia ini juga menjadi makam beberapa sosok bersejarah seperti Sultan Hadlirin (atau Sunan Mantingan), Ratu Kalinyamat, Patih Sungging Badarduwung seorang keturunan Tionghoa yang bernama Cie Gwi Gwan.

Arsitektur dari bangunan masjid tertua di Indonesia satu ini terbilang cukup berbeda dengan bangunan-bangunan masjid yang ada di Indonesia karena banyaknya sentuhan arsitektur khas pecinan. Bahkan ubin-ubin serta undakan yang ada di masjid tertua satu ini didatangkan langsung dari Makao.

10. Masjid Tuo Kau Jao
Lokasi: Dusun 3, Kayu jao, Gn. Talang, Solok, Sumatera Barat 27365

Masjid Tuo Kayu Jao merupakan salah satu cagar budaya di Sumatra Barat yang diawasi oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala. Selain karena usianya yang telah sangat tua, masjid yang telah berdiri sejak 1599 memiliki arsitektur khas yang dipengaruhi oleh corak Minagkabau.

Meskipun telah beberapa kali mengalami pemugaran, salah satu masjid tertua di Indonesia yang masih menggunakan bahan-bahan bangunan tradisional setempat ini masih sangat terjaga arsitektur aslinya.

11. Masjid Tua Palopo
Lokasi: Jl. Andi Djemma No.88, Batupasi, Wara Utara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan 91913

Masjid paling tua di Indonesia adalah Masjid Tua Palopo yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Luwu di Palopo, Sulawesi Selatan. Masjid Tua Palopo yang bersejarah ini didirikan oleh Datu Payung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi Sultan Abdulla Matinroe yang pada saat itu merupakan Raja dari Kerajaan Luwu sebagai masjid istana atau masjid kerajaan.

12. Masjid Raya Baiturrahman
Lokasi: Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

Meskipun bangunan megah yang ikonik dari Masjid Raya Baiturrahman yang kini berdiri baru dibangun pada 1878 dan baru selesai pada 1881, banyak catatan bahwa bangunan Masjid Raya yang asli ini dibangun pada 1612 pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda dengan arsitektur asli khas Aceh.

Karena masjid yang asli ini digunakan sebagai benteng pertempuran melawan Hindia Belanda, masjid asli ini kemudian terbakar. Pemerintah Belanda kemudian membangun kembali Majid Baiturrahman sebagai bentuk permintaan maaf dan untuk meredam kemarahan masyarakat Aceh.

Kini, Masjid Raya Baiturrahman tak cuma jadi salah satu masjid tertua di Indonesia, melainkan juga salah satu ikon dan landmark di Aceh.(net)

 




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here