Beranda Berita Utama Masjid Kubah Terbesar

Masjid Kubah Terbesar

27
0

RKA ONLINE, Warga Kota Tangerang patut berbangga hati, karena masjid Al-Azhom merupakan masjid yang memiliki kubah terbesar di dunia yang tanpa memiliki tiang penyanggah. Pada masjid ini, memiliki diameter kubah mencapai 63 meter, merupakan kubah terbesar di dunia. Kemudian ada, lima kubah masjid yang melambangkan 5 rukun Islam dan 5 waktu salat.

Masjid yang diresmikan pada 23 April 2003 olah Walikota Tangerang pada waktu itu, H. Moch. Thamrin berlokasi di area pusat pemerintahan kota Tangerang, dengan dominasi cat berwarna biru.

Masjid Al-Azhom berdiri diatas lahan seluas 2,25 hektar, dengan luas bangunan mencapai 5.775 meter persegi dengan luas areal parkir sebesar 14.000 meter persegi.

Dengan bangunan yang ekstra besar tersebut, Masjid Raya Al-Azhom diklaim mampu menampung hingga 15.000 jamaah,
Sementara struktur bangunan kubah induk yang berada di tengah bangunan dan ditopang oleh 4 anak kubah yang berbentuk setengah lingkaran dibawahnya, bangunan ini terlihat cukup kokoh menyangga kubah induk.

Adapun tinggi masjid yang mencapai 30 meter juga disebut melambangkan 30 juz ayat suci Alquran. Sedangkan tinggi kuncup menara yang mencapai 6 meter, melambangkan jumlah rukun iman yang berjumlah 6.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Raya Al-Azhom, K.H Khairudin mengatakan, keunggulan masjid tersebut karena memiliki kubah terbesar di dunia serta tanpa tiang penyangga.

K.H Khairudin juga menambahkan, bila di dalam masjid juga ada 4 anak kubah yang bertuliskan kaligrafi sangat indah. Pada bagian sisi barat tertulis Surah An Nur ayat 35, surat Albaqoroh ayat 255 serta surah Albaqoroh ayat 284-285, sedangkan pada kubah bagian selatan tertulis surah At Taubah 105 dan Surah An Nahl 97, surah Ali Imron 112, Surah Annisa 32, serta Surah Al An`Am ayat 132-133.

Selanjutnya, untuk kubah bagian timur tertulis surah Al Bayinah ayat 5, serta Surah Ar Rum ayat 30-33, adapaun pada bagian utara kubah tertulis Surah Al Anbiya 107 dan Surah Al Fath 29 dan Surah Lukman ayat 17-18.

Di bulan Ramadan sekarang ini, banyak warga yang mengunjungi masjid, selain untuk beribadah juga untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Salah seorang warga Batuceper, Helmi mengaku senang datang ke masjid AL-Azhom ini, karena selain masjidnya besar, juga dilengkapi dengan galeri Islam yang bisa menambah wawasan ke Islamannya.

“Sudah tak terhitung berapa kali saya kesini, karena selain masjidnya yang luas, juga bisa mengajarkan pengatahuan kepada anak dengan melihat galeri Islam yang ada di lantai dua,” ungkapnya.(*)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here