Beranda Lintas Kecamatan Masjid As-Shalihin buka Ladang Amal

Masjid As-Shalihin buka Ladang Amal

26
0


HERY/RKa
REHAB: Desa Tuguk Kecamatan Luas dalam waktu dekat akan melakukan pembangunan ulang Masjid As-Shalihin di desa tersebut, Kamis (2/9).

RKa ONLINE, LUAS – Secara swadaya, masyarakat Desa Tuguk Kecamatan Luas akan melakukan pembangunan ulang fasilitas ibadah Masjid As-Shalihin di desa tersebut. Ini perlu dilakukan melihat kondisi bangunan yang telah berumur lebih dari 75 tahun tersebut sudah tak mungkin untuk dilakukan rehab. Agar masjid bertambah luas bangunan sehingga meningkatkan kapasitas daya tampung.

“Insya Allah. Dalam waktu dekat bangunan lama akan dibongkar. Kemudian dibangun dengan volume yang lebih luas. Melihat kondisinya saat ini, sudah tak cukup bila hanya dilakukan renovasi,” ujar Sekdes Tuguk Mahyuddin pada RKa, Kamis (2/9).

Cerita Sekdes, bangunan yang telah ada sejak dirinya anak-anak itu, telah dua kali mendapatkan perehaban bangunan. Renovasi terakhir dilakukan pada tahun 2009 lalu, dimana saat itu dilakukan penambahan luas bangunan, dimana semula bangunan ini memiliki panjang dan lebar berukuran 4 meter ini, menjadi bangunan dengan panjang 6 meter sedang untuk lebar tetap sama.

Bagi Mahyuddin secara pribadi, masjid ini memiliki sejarah dan kebanggan tersendiri. Ini karena nenek buyut-nya yang bernama Mecam, atau akrab disapa Imam Mecam oleh masyarakat, pada saat masih diterapkan sistem Marga dalam sistem pemerintahan, menjadi imam di masjid tersebut. Bahkan, menurut cerita orang tuanya, kakek buyut nya itu juga didaulat menjadi Imam untuk Marga Kaur.

“Alhamdulillah. Antusiasme warga desa dalam pembangunan ini cukup tinggi. Begitu juga dengan keluarga asli Desa Tuguk yang hidup di perantauan. Semuanya dengan antusias memberikan sumbangsih,” ujar Sekdes.

“Karena membutuhkan biaya yang tak sedikit, tentunya kami sangat mengharapkan bantuan dari adik sanak putra putri Desa Tuguk yang ada diperantauan serta para dermawan sekalian. Untuk lebih jelas bisa menghubungi pemerintahan desa di nomor 0821-8515-5996 atau datang ke kantor desa Tuguk,” imbuh sekdes. (yie)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here