Beranda Berita Utama Makin Ramai, Perambah TNBBS dari BS, Lampung dan Jawa

Makin Ramai, Perambah TNBBS dari BS, Lampung dan Jawa

324
0
IST/RKa
TNBBS : Pondok perambah yang berkebun di dalam Taman Nasional Bukit Barisan Selatasa, Sabtu (2/1).

NASAL – Perambah di Taman Nasional Bukit Barisan Selatasan (TNBBS) di daerah Kecamatan Nasal bukan berkurang. Jumlah perambah kawasan untuk menjadi lokasi kebun makin ramai. Mayoritas pendatang baru ini dari luar Kabupaten Kaur. Ada diantara mereka berasal dari Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Lampung dan Pulau Jawa.

“Memang setiap tahun jumlah perambah bertambah. Mereka datang ini karena ajakan pemilik kebun di dalam TNBBS berasal luar Kaur. Bahkan diantara mereka berasal dari pulau seberang (Jawa),” ujar warga Dusun Sedoarjo Desa Merpas Kecamatan Nasal Hidayat (46) pada Radar Kaur (RKa), Sabtu (2/1).

Lanjutnya, memang di TNBBS sempat sepi saat dilakukan operasi 2012 lalu. Kondisi itu berlangsung setahun, setelah itu pendatang untuk berkebun terjadi lagi. Mereka yang telah memiliki kebun di dalam TNBBS masih aktif. Hanya saja diantara mereka yang sudah sukses memakai jasa orang lain untuk mengurus kebunnya. Pemilik datang saat akan menjelang musim saja.

“Banyak pemilik kebun di TNBBS sudah menjadi orang sukses. Mereka sudah memiliki usaha lain hasil dari berkebun di dalam TNBBS. Bahkan, ada juga yang berinvestasi dengan membeli kebun semakin luas di dalam TNBBS,” tutur dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here