Beranda Berita Utama Makhluk Tertua di Daratan

Makhluk Tertua di Daratan

43
0
NET/RKa
FOSIL : Temuan fosil Kampecaris obanensis millepede, makhluk pertama yang hidup di daratan.

RKa ONLINE – PARA ilmuwan percaya bahwa fosil kaki seribu yang ditemukan di Skotlandia, merupakan bukti dari hewan yang paling awal hidup di daratan. Hewan yang hidup di darat (terestrial) ini hidup kira-kira 425 juta tahun yang lalu. Ia merupakan serangga perintis bagi makhluk darat seisi bumi.

Dalam teorinya, bumi awalnya adalah sekumpulan air. Lalu campuran gas di atmosfer bercampur dengan sambaran petir, memungkinkan monomer seperti asam amino terbentuk secara spontan dan tumpah ke lautan. Ini dikenal sebagai teori sup primordial.

Sup primordial tersebut menciptakan sebuah kehidupan. Para spesies dalam filum arthropoda (meliputi serangga, laba-laba, krustasea, dan lipan) dianggap sebagai beberapa hewan pertama yang lahir dari peristiwa tersebut. Mereka kemudian menjelajah ke daratan.

Fosil makhluk mirip kaki seribu kuno, Kampecaris obanensis , pertama kali ditemukan pada tahun 1899 di pulau Kerrera, Skotlandia. Berdasarkan penanggalan radiometrik, hewan tertsebut telah hidup 425 juta tahun yang lalu. Hal tersebut  akan membuat makhluk berkaki banyak ini, menjadi hewan darat tertua yang pernah hidup.

Hingga kini, serangga perintis telah menghasilkan banyak keturunan. Terdapat bukti bahwa laba-laba, serangga, dan pohon-pohon tinggi tumbuh subur di komunitas hutan purba. “Ini merupakan lompatan besar bagi makhluk-makhluk kecil di komunitas hutan yang sangat kompleks,” kata ahli geosains Michael Brookfield dari University of Texas dan University of Massachusetts di Boston.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here