Beranda Wonderfull Kaur Mainangan Budaya Seni Asli Kaur

Mainangan Budaya Seni Asli Kaur

657
0
IST/RKa
MENARI : Bupati Kaur Gusril Pausi,S,Sos, MAP saat ikut menari mainangan, Jumat (4/9)

Mainangan adalah salah satu seni budaya lokal asli yang dimiliki Kabupaten Kaur. Kesenian ini memadukan unsur musik dan tarian serta pantun-pantuan khas yang syarat makna tentang kearifan lokal. Kekhasan kesenian ini lantaran dimainkan oleh kalangan kaum pria. Baik sebagai penari, pelantun pantun maupun pengiring musik.

Saat ini, berbagai alat musik lokal seperti gendang dan tabuh-tabuhan lainnya dipadukan dengan dentingan piano. Perpaduan itu menghasilkan suara yang enak didengar dan menjadi hiburan masyarakat Kabupaten Kaur. Khususnya di Kota Bintuhan dan sekitarnya. Kesenian ini biasa ditampilkan dalam acara menerima mendah (tamu) pernikahan atau akikah.

“Saat ini kesenian daerah Mainangan ini tetap dilestarikan. Sebelum adanya organ tunggal mainangan sangat populer di kalangan masyarakat dalam resepsi pernikahan. Dan saat ini kembali dibangkitkan kembali oleh anak-anak muda yang luar biasa,” kata Ketua Mainangan Karya Seni Desa Padang Petron M Daili.

Mainangan salah satu seni budaya yang ada di Kabupaten Kaur khususnya di Kecamatan Kaur Selatan. Kesenian mainangan mempersembahkan berbagai tarian adat yang dipadukan dengan pukulan gendang. Sedangkan peserta yang menari membawakan berbagai pantun yang isi pantunya mendidik dan memberikan idukasi yang positif.

Dengan adanya berbagai kemajuan teknologi saat ini untuk kesenian adat mainangan memang sudah agak jarang digunakan pada saat-saat resepsi pernikahan. Dengan begitu mari kita hidupkan kembali tari seni budaya Kabupaten Kaur, sehingga nantinya tari seni budaya ini tidak hilang dan dilupakan. (ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here