Beranda Berita Utama Lomba Pagar Rumah, Kreativitas Lomba HUT RI Masa Pandemi

Lomba Pagar Rumah, Kreativitas Lomba HUT RI Masa Pandemi

300
0


DEDI JULIZAR/RKa
PAGAR: Warga Desa Tanjung Baru Kecamatan Maje membuat pagar rumah, Senin (2/7).

RKa ONLINE, MAJE – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sedang diterapkan di Kabupaten Kaur untuk mencegah penyebaran covid-19 tidak menghalangi sebuah kreatifitas. Untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 tahun 2020, Desa Tanjung Baru Kecamatan Maje membuat sebuah terobosan dalam perlombaan. Tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), Kades Tanjung Baru Hendra Oswari, SH melakukan lomba pagar di setiap gang desa.

Bagi warga yang dinilai tim nanti terbaik akan diberikan hadiah. Tapi untuk memotivasi warganya membuat pakar di depan rumah dengan baik dan mendorong warga membuat pagar. Kades menyediakan paku dan cat secukupnya untuk pagar warga. Kreatifitas ini patut ditiru oleh Kades di Kabupaten Kaur.

“Memang benar saya meminta warga membuat pagar depan rumah. Supaya desa terlihat rapi, apalagi desa kami di jalan lintas barat (Jalinbar) Sumatera. Ketepatan momentumnya menjelang HUT RI,” jelas Kades Tanjung Baru Hendra Oswari, SH.

Sebutnya, memang dalam menyediakan paku dan cat bukanlah bersumber dari Dana Desa (DD) atau sumber dana untuk desa. Melainkan dananya pribadi, hal ini dilakukan untuk memotivasi warganya. Sehingga tidak ada lagi alasan tidak mau membuat pagar. Warganya hanya diberatkan mencari patok dan bambu dan waktu untuk pagar saja.

“Bagi saya ini bentuk komitmen dalam membangun desa. Jadi bukan bicara untung atau rugi dalam menjadikan desa lebih baik. Tapi keinginan menjadikan desa ini lebih baik dari sebelumnya itu yang penting,” tuntas Hendra Oswari.

Terpisah, Iwan (45) tokoh pemuda Tanjung Baru mengakui, bahwa dalam membuat pagar mereka hanya menyediakan bahan berupa kayu patok dan bilah. Sedangkan untuk paku dan cat mengambil di rumah Kades. Tidak ada dipatok paku dan cat berapa banyak. Disampaikan Kades secukup pagar warga yang mengambil.

“Bagi kami warga ini sebuah langkah awal Kades untuk menjadikan desa lebih baik. Kami akan mendukung sepenuh hati dalam program Kades memajukan desa,” sebutnya. (mrn)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here