Beranda Pendidikan Lestarikan Kuntau Semende, Perguruan KSP Terbentuk

Lestarikan Kuntau Semende, Perguruan KSP Terbentuk

154
0
HERY/RKa
TAMPIL: Pesilat KSP tengah tampil ditengah sebuah kegiatan, Kamis (17/9).

MUARA SAHUNG – Guna melestarikan seni bela diri Kuntau sebagai salah satu kekayaan tradisional yag sudah dikenal ditingkat nasional. Faddul Manan (49) warga Desa Ulak Bandung Kecamatan Muara Sahung membentuk Perguruan Kuntau Semende Pagaruyung (KSP). Dia mendidik 30 murid, dari jenjang pendidikan SD hingga SMA. Ia merangkul pelajar setempat. Dengan harapan salah satu cabang ilmu pencat silat, asli Suku Semende ini tetap lestari.

“Makin hari pemuda yang bisa Kuntau ini semakin sedikit. Jika dibiarkan, tentu kekayaan daerah ini akan punah. Padahal Kuntau ini merupakan ciri khas bangsa. Khususnya bagi Suku Semende,” ungkap Faddul Manan pada RKa, Kamis (17/9).

Ia melatih Kuntau para muridnya secara sukarela. Untuk pengadaan Sarana dan Prasarana (Sarpas) latihan. Perguruannya juga dibantu oleh pihak desa. Dia berharap agar kedepannya dengan adanya perguruan ini. Seni bela diri Kuntau semakin diminati. Sehingga nantinya tetap lestari.

“Tidak dipungut biaya, semuanya murni karena niat agar kekayaan daerah ini tetap lestari. Dan Alhamdulillah pihak desa juga menyampaikan respon positif,” tutupnya. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here