Beranda Lintas Kecamatan Lebih Dua Tahun Sawah BBU Nasal Tebengkalai

Lebih Dua Tahun Sawah BBU Nasal Tebengkalai

40
0
DEDI JULIZAR/RKa
MENYEMAK : Sawah milik Balai Benih Utama (BBU) Kabupaten Kaur di Desa Suku Tiga Kecamatan Nasal menyemak, Senin (6/9).

RKa ONLINE, NASAL – Sejak siring irigasi utama tidak berfungsi lagi pascabanjir 2019 lalu. Sudah lebih dua tahun sawah milik Balai Benih Utama (BBU) Kabupaten Kaur di Desa Suku Tiga Kecamatan Nasal terbengkalai. Sawah sudah menyemak, bahkan bangunan gedung tempat fasilitas pendukung mulai banyak rusak. Kondisi ini terjadi karena tidak ada perawatan.

“Sudah lama sawah BBU tidak digarap, sejak terjadi banjir dua tahun lalu. Kami berniat ingin mengalihfungsikan lahan menjadi lahan palawija. Tapi belum berani untuk menggarapnya. Sebab, untuk menjadikan lahan ini tanaman palawija harus membuat pagar keliling,” sebut Yudi (31) warga Desa Suku Tiga tinggal di BBU.

Lanjutnya, lahan sawah BBU lebih 1 hektar (Ha) di dua sisi jalan. Lahan di bawah tempat tinggal mereka ini karena pagarnya masih bagus. Kini sudah mulai dibersihkan temannya yang tinggal di perumahan BBU. Ia merencanakan akan menanam jagung manis. Karena lokasi di sisi kiri masuk jalan ini pagarnya masih bagus.

“Saya berniat ingin menggarab lahan sawah ini. Sayangnya saat ini belum ada biaya untuk membuat pagar. Jadi apa yang direncanakan belum bisa dilakukan,” katanya. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here